.

dr Hasmi: Pessel Butuh Kepala Daerah Berwawasan Ekonomi

Padang, PilarbangsaNews

Putra Pesisir Selatan, mantan Direktur RSUD dr Achmad Mochtar Bukittinggi, dr Hasmi, turut memberikan pendapat soal gelaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) Pesisir Selatan 9 Desember 2020.

Menurutnya, ada kriteria tertentu yang harus dimiliki oleh Bupati dan Wakil Bupati Pessel ke depan. “Calon nan rancak (baik–red) urang nan tahu bana jo Pessel (memahami Pessel-red). Muda, berkarir, punya latar belakang pendidikan ekonomi (ekonom) visioner dan berpengalaman dalam pemerintah (birokrat) serta entrepreneurs,” ujar dr Hasmi yang juga lulusan jurusan ekonomi Pasca Sarjana Megister Manajemen ini, Senin (3/8/2020).

Ia menilai bahwa bupati dan Wabup Pessel sebagai unsur penyelenggara pemerintahan yang memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan otonomi daerah (UU 23 Tahun 2014) tidak hanya dituntut untuk dapat memberikan pelayanan dasar kepada masyarakatnya, namun dituntut pula untuk dapat mengembangkan kreatifitas dan inovasi untuk mendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi serta mengurangi terjadinya ketimpangan pendapatan masyarakat.

Ditambahkannya bupati terpilih nantinya diharapkan memiliki cara berpikir dan karakter entrepreneur (kewirausahaan) yang mampu merespon peluang dengan cepat dan tepat, mampu mengambil keputusan dan enghitung kemungkinan resiko yang akan muncul, menunjukkan ketekunan, memiliki kemampuan beradaptasi dengan perubahan serta berorientasi kepada masyarakat secara luas.

“Pessel itu kaya, untuk itu butuh kepala daerah yang kepemimpinannya berawawasan kewirausahaan (entrepreneurial leadership). Dengan begitu akan bisa membawa masyarakat Pessel ke depan lebih baik ekonominya dan jadi salah satu kabupaten maju di Sumbar,” imbuhnya. (Age)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *