.

Sambut HUT RI, Koarmada III dan STTAL dan Lantamal V Gelar Doa Bersama

Sorong, PilarbangsaNews

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun yang ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Komando Armada (Koarmada) III menyelenggarakan doa bersama lintas agama. Segenap prajurit yang beragama Islam membacakan dzikir dan doa seusai menunaikan Sholat Jumat di Masjid Al Fattah Koarmada III Jl Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong Papua Barat, Jumat (14/8/2020).

Doa bersama di Masjid Al Fattah dihadiri Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Maman Firmansyah, pejabat utama dan segenap prajurit dipimpin Kasubdisdalpersmil Koarmada III Letkol Laut (KH) Sarifudin, S.Ag.

Sementara itu, doa bersama prajurit yang beragama Hindu dilaksanakan di Mako Koarmada III yang diawali dengan beribadah dan doa dipimpin Pabanren Spers Koarmada III Letkol Laut (KH) I Nyoman Mulya. Sedangkan prajurit yang beragama Kristen menggelar doa bersama juga di Mako Koarmada III yang dipimpin Pendeta Karel Bordan.

Segenap prajurit Koarmada III memanjatkan doa untuk para pahlawan dan pejuang bangsa, para prajurit dan keluarganya diberikan kesehatan dan keselamatan dalam melaksanakan tugas. Selain itu juga mendoakan agar Indonesia bebas dari Covid-19 sekaligus membangkitkan kepedulian dan rasa kemanusiaan dalam menghadapi pandemi ini.

Demikian disampaikan oleh Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.

Sementara itu, Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., yang diwakili Wakil Komandan STTAL Kolonel Laut (T) Abdul Rahman, S.T., M.T., menghadiri kegiatan Dzikir dan Do’a bersama Civitas Akademika STTAL dalam rangka Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 di Auditorium Gedung Marore Kampus STTAL Bumimoro Morokrembangan Surabaya. Jum’at (14/08/20).

Ketua Panitia Peringatan HUT Ke – 75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 STTAL, Letkol Laut (PM) Dodi Priyanggo, S.T., M.T, menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Telegram Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Nomor 176/SPER/0220 TWU. 0810.1840 tentang Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020.

Bersyukur adalah sikap yang harus selalu melekat pada setiap insan hamba Allah, Tuhan Yang Maha Esa. Dalam rangka meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat khususnya nikmat kemerdekaan yang telah diberikan Allah kepada bangsa Indonesia maka, keluarga besar Civitas Akademika STTAL menyelenggarakan kegiatan Dzikir dan Do’a bersama dalam rangka Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020.

Bagi Personel yang beragama Islam dimulai dengan Sholat Jum’at berjama’ah dilanjutkan dengan Dzikir dan Do’a yang dipimpin oleh Dr. H. Mohammad Syaifi, S.T., M.T. yang dilaksanakan di Auditorium Gedung Marore dan dalam waktu yang bersamaan juga untuk Personel yang beragama Nasrani melaksanakan Ibadah dan Do’a bersama di Kelas Gabungan Gd. Soewarso Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) serta Personel yang beragama Hindu melaksanakan ibadah dan doa bersama di Pura Jala Wira Dharma Koarmada II Surabaya.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan kesehatan, keselamatan, petunjuk, bimbingan dan perlindunganNYA kepada kita semua dalam melanjutkan tugas dan pengabdian terbaik kepada STTAL, TNI Angkatan Laut, TNI serta Bangsa dan Negara.

Kegiatan Do’a bersama ini dihadiri juga oleh Seklem, Kapokdos, para Direktur, Kadep, Kasatker, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS STTAL dengan tetap sesuai protokol kesehatan di tengah Pandemi Covid-19 saat ini.

Demikian disampaikan oleh Bagian Penerangan STTAL.

Kemudian, di Lantamal V Surabaya yang dilakukan seluruh prajurit dan PNS Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya dalam memperingati HUT RI Ke-75 tahun 2020 kali ini, seusai sholat Jumat di masjid AT-Taqwa Mako Lantamal V Surabaya, segenap perajurit dan PNS dengan penuh khusyuk mengikuti doa dan dzikir bersama, dan tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus Covid-19. Jumat (14/8).

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an, Tahlil, Tahmid, Shalawat, Istighfar kemudian ditutup dengan pembacaan doa khusus untuk Hari Kemerdekaan Ke-75 Republik Indonesia Tahun 2020 yang dipandu oleh Kapten Laut (P) Baedlowi, S.Pd. yang sehari hari menjabat sebagai Pjs. Perwira Rohani (Paroh) Disminpers Lantamal V.

Dzikir dan doa bersama ini adalah sebagai wujud rasa syukur dan mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang, dengan rela mengorbankan jiwa dan raga untuk kemerdekaan Bangsa Indonesia. Yang pada intinya adalah mensyukuri pemberian nikmat Allah SWT atas kemerdekaan yang telah dicapai dengan memperbanyak ibadah dan bekerja untuk mengisi kemerdekaan dan mempertahankan Negara kesatuan republik Indonesia. Sehingga kedepan Indonesia akan semakin maju dan dapat lebih menghargai jasa-jasa para pahlawan.

Tampak hadir dalam acara doa dan dzikir bersama ini, Wakil Komandan Lantamal V Kolonel Marinir Jasiman purba, S.E., Para Asisten Danlantamal V, Kasatker, dan seluruh perajurit serta PNS Mako Lantamal V Surabaya.

Demikian disampaikan oleh Dispen Lantamal V. (Relis/Salut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *