.

BKAN Kecamatan Sutera Pessel Studi Tiru ke BKAN Ampek Angkek Agam

Agam, PilarbangsaNews

Semakin sukses dengan berbagai inovasi dan terobosan yang telah dilakukan, kelembagaan Badan Kerjasama Antar Desa/Nagari (BKAD/N) Kecamatan Ampek Angkek Agam tetap menjadi sasaran studi tiru atau studi komperatif dari kelembagaan yang sama dari daerah lain.

Terbukti Sabtu (15/8) BKAN Ampek Angkek Agam kembali dikunjungi oleh rombongan studi tiru dari rombongan pengurus BKAN dan UPK Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat.

Rombongan studi tiru sebanyak 12 orang ini, dipimpin lansung oleh ketua Badan Kerjasama Antar Nagari (BKAN) Kecamatan Sutera Yudi Anugrah, S.IP, dan rombongan disambut oleh jajaran pengurus dan anggota BKAN beserta pengurus UPK Syariah Tujuah Sarumpun di Palanta Pemberdayaan BKAN Ampek Angkek di Nagari Biaro Gadang.

Ketua BKAN Kecamatan Sutera Yudi Anugrah, menjelaskan tujuan kedatangan rombongan studi tiru ini adalah dalam rangka mempelajari dan melihat inovasi inovasi dan terobosan yang telah dilakukan oleh BKAN Ampek Angkek, apalagi kami tau Kelembagaan Badan Kerjasama Antar Nagari (BKAN) Kecamatan Ampek Angkek beserta Unit Pengelola Kegiatannya (UPK) telah dijadikan rolle mode pengelolaan lembaga pemberdayaan di Sumatera Barat, telah banyak BKAN dan UPK yang datang studi tiru bahkan dari luar Sumatera Barat, ujar Yudi Anugerah yang didampingi oleh Ketua UPK Kecamatan Sutera, Yoko Masna Rivan, M.M,Pd.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua BKAN Kecamatan Ampek Angkek Zulhendra, S.HI memaparkan tentang perjalanan Kelembagaan Badan Kerjasama Antar Nagari Ampek Angkek sehingga bisa seperti sekarang, sehingga bisa melahirkan terobosan terobosan dan inovasinya. Beberapa kelembagaan strategis yang telah dibentuk, seperti Simpan Pinjam Perguliran dengan prinsip Syariah, Koperasi Syariah, Asuransi Syariah, Yayasan Bakti Nagari sebagai lembaga sosial, Palanta Leadership Centre sebagai lembaga pelatihan, Palanta Investama dengan Palanta storenya, Palanta Institute sebagai pusat kajian dan diskusi public,dan BUMNag Bersama, papar Zulhendra.

Diakhir pertemuan yang dilakukan secara protokoler kesehatan ini, ketua BKAN Kecamatan Sutera berharap dan meminta kepada BKAN dan UPK Am xwpek Angkek untuk mendampingi mereka untuk betransformasi kearah yang lebih baik. Pertemuan diakhiri dengan penyerahan cendera mata.

Di tempat terpisah, mantan fasilitator PNPM Mandiri Perdesaan kecamatan Ampek Angkek Khairul Anwar menjelaskan bahwa BKAN Ampek Angkek adalah lembaga yg patut menjadi objek study tiru karena inovasi-inovasi yg diluncurkan lembaga ini ungkap Tan Rajo yg kini menjabat Konsultan Kementrian Desa PDTT RI Wilayah Sumatera Barat. (rel/tan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *