Pessel

SMAN 1 Batang Kapas Seleksi Calon Ketua dan wakil Osis 2020-2021, Inilah 3 pasang Kandidat Terpilih

Batang Kapeh, PilarbangsaNews, — SMAN 1 Batang Kapas telah melakukan seleksi untuk calon ketua dan wakil Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) periode 2020-2021. Dari 25 peserta siswa yang ikut seleksi, maka terpilihlah 3 pasangan calon.

Kepala SMAN 1 Batang Kapas, Drs.Syamsuir, M.Pd menjelaskan, OSIS sebagai wadah siswa dalam berorganisasi menjadi sebuah peminatan yang sangat tinggi bagi siswa untuk dapat masuk didalamnya sebagai pengurus. Dengan menggunakan sistem seleksi minat, akademis dan wawancara kemudian terbentuklah nanti OSIS yang baru periode 2020-2021.

“Selanjutnya, hari ini Senin (24/8/2020), semua calon mengikuti proses pengundian no urut dan kemudian nanti akan diagendakan proses memaparkan visi, misi serta program yang diusungnya. Kegiatan tersebut untuk mendidik seluruh siswa dan siswi tentang cara berdemokrasi. Pemilihan seperti ini sudah berlangsung tiap tahun atau merupakan agenda tahunan.

Disampaikannya, selain mengenalkan sistem demokrasi, juga agar siswa memahami pentingnya memilih pemimpin mulai dari sekolah yaitu di kalangan temannya.

“Dimulai dari lingkungan sekolah, siswa diharapkan mengenal sistem demokrasi langsung dan dapat menggunakan hak-hak suaranya dalam menentukan pemimpin, dalam hal ini Ketua dan wakil OSIS,” katanya.

Lebih jauh ia mengharapkan dengan kegiatan pemilihan Ketua dan wakil Osis ini, dapat membentuk karakter para siswa. Dimana mereka diajarkan pentingnya kerjasama dalam menyelesaikan masalah hingga mengambil keputusan untuk kepentingan orang banyak.

Sementara, salah satu pembina OSIS Vori Ardianto, S.Pd menambahkan, pemilihan Ketua OSIS diselenggarakan secara pemilihan umum. Tujuannya, membuat siswa mengetahui tahapan pemilu yang dilaksanakan. Dimulai dari pendaftaran, seleksi, penetapan nama calon, kampanye dan debat kandidat bagi calon ketua dan wakil OSIS.

“Pemilihan Ketua dan wakil OSIS layaknya Pemilu merupakan kegiatan rutin tiap tahun di SMAN 1 Batang Kapas. Tujuannya memberikan pendidikan demokrasi dan mengenalkan siswa-siswi sejak dini tentang tahapan dalam Pemilu,” ujar Vori.

Ia berharap, kandidat yang bersaing dapat menerima apapun hasil yang diperoleh dan yang terpilih nantinya menjadi sosok dapat memberi contoh positif bagi teman-temannya.

“Semoga ketua Osis yang terpilih, dapat mengemban amanah selanjutnya dan organisasi SMAN 1 Batang Kapas semakin maju. Dengan momen bersejarah ini, sangat bermanfaat bagi siswa dan siswi SMAN 1 Batang Kapas ke depannya,” harapnya.

Adapun ke tiga pasangan kandidat ketua dan wakil Osis yang akan berkompetisi adalah, No Urut 1 (Ghufran Hasyimiyyah & Joan Ayu Ramadhani), No Urut 2 (Nandi Okta Darma & Dinda Aprillia Salsabila), sedangkan pasangan No Urut 3 (Rahmat Fauzan & Amelia Febri Ranti)

(AU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *