.

Empat Pasang Paslon Gubernur Sumbar Perebutkan 3,6 Juta Pemilih

Padang, PilarbangsaNews

Melalui Rapat Pleno KPU Sumbar yang dihadiri Ketua KPU se- Sumatera Barat, pada hari Rabu (16/9) lalu, telah ditetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Sumatera Barat.

Rapat Pleno dipimpin langsung Ketua KPU Sumbar Amnasmen didampingi komisioner lainnya Nova Indra, Izwaryani, Gebril Daulai dan Yanuk Sri Mulyani, serta sekretaris Firman. Juga dihadiri Bawaslu Sumbar Fivner, pimpinan partai politik serta stakeholder lainnya, di sebuah hotel di Kota Padang.

Pada kesempatan tersebut ditetapkan jumlah pemilih sementara 3.691.592, dengan rincian laki-laki 1.821.951 dan 1.869.641 pemilih perempuan. Sedangkan pemilih terbanyak di Kota Padang sebanyak 615.307 orang. Para pemilih inilah yang akan diperebutkan suaranya oleh empat pasang Paslon Gubernur, tentunya calon Bupati dan Calon Walikota di wilayah masing-masing.

Agar jangan terjadi kesalahpahaman terhadap data yang perlu diketahui publik, acara penetapan DPD ini juga disaksikan Komisi Informasi Publik diwakili Tanti Emdang Lestari.

Komisioner KPU Bidang Perencanaan Data dan Informasi Nova Indra mengatakan, DPS ini akan dilakukan kembali data ulangnya, sehingga akan ditetapkan menjadi DPT pada sebulan kedepan, tepatnya 16 Oktober 2020.

“Untuk penetapan pemilih akan dilaksanakan pada sebulan kedepan, dan nama yang ada di daftar pemilih tetap nantinya akan memilih pada TPS yang sudah disediakan,” ulas Nova Indra didampingi Kabag SDM Wandrizen dan Kasubag Data Agustian Piliang.

Pernyataan Nova Indra tersebut dipertegas Ketua KPU Sumbar, dimana pada Pilkada ini jangan ada lagi polemik tentang hak memilih bagi masyarakat. Karena itu data tersebut harus akurat, sehingga menekan permasalahan yang timbul. (Relis KPU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *