.

Alirman Sori: Pilkada Serentak Harus Terapkan Nilai-Nilai Pancasila

Padang, PilarbangsaNews

Pandemi Covid-19, lebih berbahaya dari bertempur di medan perang. Kalau perang, lawannya jelas, sedangkan Covid-19 tidak tampak tetapi ada. Dan akibat Covid-19, negara keuangan negara mengalami turbulensi yang sangat luar biasa. Apalagi jelang Pilkada serentak yang juga jadi ancaman munculnya klaster baru Covid-19. Karena itu dibutuhkan kepatuhan kepada protokol kesehatan dan upaya upaya pertahanan ekonomi supaya tidak jatuh kepada krisis.

Itulah butir-butir pemikiran Anggota DPD/MPR RI Dr. H. Alirman Sori, SH.M.Hum dalam paparannya saat Sosialisasi Empat Pilar MPR RI (Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika), Rabu (23/9/2020) di Aula Kantor LKKS Sumbar, Jalan Pramuka Padang.

Terkait dengan situasi pandemi, menurut Alirman akan menjadi ancaman dalam penyebaran Covid. Diprediksi akan muncul klaster baru Pilkada 9 Desember. Bila itu terjadi, jelas bertentangan dengan sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab.

“Aspek kemanusiaan harus jadi perhatian penyelenggara. Jangan sampai pilkada bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yang tanpa mempertimbangkan aspek kemanusiaan,” jelas Alirman.

Ditambahkan Alirman, dengan tetap dilaksanakan pilkada serentak dengan pertimbangan tidak jelasnya Pandemi Covid-19 akan berakhir, jelas telah mengabaikan aspek Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Karena, demokrasi harus memenuhi nilai-nilai keadilan dan nilai nilai kemanusiaan.
“Karena itu, seharusnya dalam memgambil keputusan harus mengutamakan musyawarah dan kebijaksanaan serta berkeadilan,” tegas Alirman.

Karena, Alirman berharap masyarakat tetap menerapkan nikai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari segala marabahaya,” ungkapnya.

Sosialisasi Empat Pilar MPR oleh Alirman Sori ini diikuti 150 orang yang terdiri dari wartawan di Kota Padang, yang tergabung dalam PWI dan organisasi wartawan lainnya.

Menurut Ketua PWI Sumbar H. Heranof Firdaus mengatakan, kegiatan Sosialisasi Empat Pilar ini sangat baik untuk menambah wawasan dan pencerahan kepada wartawan. “Hendaknya kegiatan ini juga dilaksanakan di daerah, sehingga teman-teman di daerah juga dapat mengikuti sosialisasi ini,” kata Heranof Firdaus. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *