.

Syahrial Bakhtiar Luncurkan Dua Buku Soal Deteksi Bakat dan Gerak Dasar Anak

Padang, PilarbangsaNews

Ilmuan Pendidikan Jasmani dan Olahraga Indonesia asal Sumatera Barat Prof. Dr. Syahrial Bakhtiar, M.Pd meluncurkan dua buku berjudul Sistem Identifikasi Bakat Dalam Olahraga dan Movement Science: A Guide for Practitioner.

Prof Syahrial Bakhtiar menyatakan buku Sistem Identifikasi Bakat dalam Olahraga dirancang untuk kemajuan prestasi olahraga jangka panjang. Identifikasi bakat umumnya digunakan dalam olahraga-olahraga profesional atau olimpiade untuk mengembangkan atlet-atlet muda menjadi bintang olahraga masa depan.

Ada banyak sekali kelompok “tersembunyi” anak-anak yang berbakat di Indonesia, sebagai sebuah negara dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia.

“Banyak anak yang berpotensi menjadi atlet profesional dan bahkan mampu bersaing pada level tertinggi dalam berbagai cabang olahraga. Namun, kita saksikan hingga saat ini hanya sedikit medali yang dimenangkan Indonesia pada pertandingan Olimpiade,” ujar Syahrial Bakhtiar, guru besar Universitas Negeri Padang itu, Senin (12/10) malam pada acara lounching buku tersebut di Sekretariat Yayasan Sekolah Olahraga, Pasir Putih, Blok V Nomor 7 Tabing, Kota Padang, Sumatera Barat

Dikatakan Syahrial Bakhtiar, performa terbaik bagi seorang atlet tidak terjadi secara kebetulan. Itu diawali dengan proses yang panjang dan kompleks. Secara global, kecenderungan dalam identifikasi dan pengembangan bakat lebih menekankan pada performa jangka pendek.

“Buku ini menyoroti adanya pergeseran dari sistem seleksi ke sistem pengembangan. Kita percaya bahwa lebih baik ‘berinvestasi’ dalam pengembangan anak daripada mempertahankan sistem seleksi awal yang pada akhirnya kita akan banyak kehilangan bakat.
Mendeteksi dan mengembangkan gerak anak yang lebih baik dan mengarahkan mereka ke olahraga yang mereka sukai sesuai keahlian mereka dapat menghasilkan sebuah kebijakan olahraga baru,” jelas Ketua Umum Pengurus Pusat ISORI (Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia).

Dipaparkannya, buku Sistem Identifikasi Bakat dalam Olahraga merupakan buku yang dihasilkan dari kerjasama yang panjang dan terencana dengan Prof. Dr. Johan Pion sebagai ilmuan Pendidikan Jasmani dan Olahraga dan juga Kepala Pusat Identifikasi dan Pengembangan Bakat Olahraga di HAN University of Applied Sciences, Belanda.

Sedangkan buku Movement Science: A Guide for Practitioner yang diterbitkan oleh McGraw-Hill di Singapura merupakan hasil kerjasama dengan Prof. Ian Harris Sujae, Dr. Wan Rizal Zakariah dan Prof. Michael Koh dari Republic Polytechnic Singapura.

Buku ini sudah dapat dibeli pada www.bukalapak.com. Kedua buku ini diharapkan bermanfaat dalam proses pembinaan olahraga prestasi, baik bagi para ilmuan olahraga, stakeholder, dan khususnya para pelatih olahraga di seluruh tanah air.

Diharapkan Syahrial Bakhtiar beberapa tahun ke depan, Indonesia mampu melahirkan atlet-atlet profesional pada berbagai cabang olahraga di dunia.

Acara peluncuran buku yang dihadiri oleh ilmuan dan praktisi olahraga Kota Padang ini juga sebagai acara tasyakuran milad ke-58 Prof. Syahrial Bakhtiar.

Bertindak sebagai pembahas kedua buku adalah Sahripal Efendi yang merupakan praktisi olahraga, mantan atlet nasional Pencak Silat yang pernah meraih medali emas pada kejuaran dunia 2016 di Singapura dan mendali perak di PON 2016. (Relis/Agus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *