.

Vaksin Masih Nunggu, Disiplin Kunci Utama Pencegahan Covid-19

Padang, PilarbangsaNews

Meski peta jalan pengadaan vaksin Covid-19 dalam tahap finalisasi, namun kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun, merupakan upaya pencegahan primer dari penularan Covid-19.

Pada pengalaman libur panjang Agustus lalu, terbukti berdampak pada penambahan kasus positif di tingkat nasional.

Hal ini dipicu terjadinya kerumunan di berbagai lokasi wisata yang dikunjungi masyarakat selama masa liburan dan ketidakpatuhan dalam menerapkan protokol kesehatan.

Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19, Dr. Dewi Nur Aisyah menyampaikan data mengenai Covid-19 pada libur panjang dalam talkshow “Covid-19 Dalam Angka: Protokol Kesehatan di Tempat Wisata” yang dipandu oleh dr. Lula Kamal, M.Sc pada hari Rabu (4/10).

“Orang oramg mulai terbiasa menggunakan masker 80%. Namun ada sedikit tren penurunan jika dibandingkan pekan lalu,” sebut Dr. Dewi.

“Menjaga jarak dalam angka lebih kecil dibandingkan masker sekitar 73%. Pada saat libur panjang tren nya juga menurun dibandingkan pekan lalu di hari yajg sama.”

Jumlah orang yang ditegur di tempat wisata sebelum dan setelah libur panjang. Terjadi kenaikan sebesar 72%. Data Jumlah Orang yang Ditegur di Tempat Wisata Sebelum dan saat Libur Panjang menunjukkan total orang yang ditegur sebelum libur sebanyak 348.473 dan pada saat libur sebanyak 602,372.

“Libur panjang sudah lewat, namun setiap week end orang-orang pasti ingin keluar rumah. Selalu gunakan masker, cek destinasi tempat dan periksa apakah tempat yang dituju siap protokol kesehatan, selalu cuci tangan dengan sabun dan handsanitizer adalah barang bawaan wajib,” sebut Dr. Dewi.

“Opsi yang paling aman dirumah saja. Tapi bukan berarti kita tidak boleh keluar rumah. Ingat pesan ibu : menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” akhir dr. Lula seraya mengakhiri talkshow bersama Dr. Dewi.

Talkshow dilaksanakan pada: Rabu, 4 November 2020 dari Media Center Satgas Covid-19 Graha BNPB Jakarta pukul 11.00 WIB secara LIVE yang disiarkan melalui TV Pool dan Radio Pool dengan hak siar yang dapat dipakai untuk seluruh media. Talkshow ini juga disiarkan melalui Zoom.(Gian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *