.

Gempa…. 6,3 SR di Mentawai, Guncangan Terasa Sampai Solok

Padang, PilarbangsaNews

Gempa bumi mengguncang kawasan Sumbar, Selasa (17/11) pagi ini. Guncangan dirasakan cukup kencang, bahkan di Kabupeten Solok gempa dirasakan oleh warga.

Berdasarkan rilis BMKG, kekuatan gempa 6,3 Skala Richter pukul 8.44 WIB dengan pusat gempa 109 kilometer barat daya Tua Peijat, Mentawai, tepatnya di laut lepas Samudera Indonesia.

Di Kota Padang sebagian besar masyarakat merasakan guncangan gempa bumi. Warga yang baru memulai aktifitas terkejut dengan gempa. Sebagian besar berjaga jaga keluar bangunan. Alhamdulillah, hanya sebentar gempa nya.

Syamsul Effendi, Tenaga Ahli Pemberdayaan Kab. Kepulauan Mentawai yang dihubungi via telepon mengaku merasakan gempa cukup keras di Tua Peijat. Untungnya, hanya sebentar. “Keras guncangan gempa Pak, berhamburan keluar gedung. Tetapi hanya sebentar dan belum ada laporan kerusakan terdengar,” kata Syamsul Effendi.

Wartawan PilarbangsaNews Gusfen Khairul yang sedang berada di Solok menyaksikan ASN yang ke luar gedung akibat guncangan gempa. ASN Pemkab Solok yang berada dalam gedung tampak berhamburan ke luar.

Di Kantor Bupati Solok Kayu Aro, ratusan ASN tampak sudah berkumpul di luar gedung. “Gempa Pak, terasa cukup keras guncangannya, sehingga kami ke luar gedung untuk berjaga jaga,” kata Kadis PMD Solok Feris Nofel, saat menyambut Tim Penilai Kompetensi dan Transparansi Dana Desa 2020, Selasa (17/11) pagi.

Lantai satu gedung baru Kantor Bupati Solok itu memang dipenuhi ASN dan Satpol PP pasca guncangan gempa bumi Mentawai. “Mudah mudahan kita dijauhkan dari bencana,” kata Kabid Pemerintahan Desa PMD Sumbar Drs. Azwar, M.Si., salah seorang Tim Penilai Kompetensi dan Transparansi Dana Desa 2020.

:::: BMKG ::::
TELAH TERJADI GEMPA BUMI DENGAN PARAMETER SEMENTARA SEBAGAI BERIKUT:

Kekuatan : 6.3 SR
Tanggal : 17-Nov-2020
Waktu Gempa : 08:44:07 WIB
Lintang : 2.87 LS
Bujur : 99.07 BT
Kedalaman : 10 Km

Lokasi:
Southern Sumatra, Indonesia

Keterangan:
109 km BaratDaya TUAPEJAT-SUMBAR
146 km BaratLaut PULAUPAGAISELATAN-SUMBAR
229 km BaratDaya MUKOMUKO-BENGKULU
274 km BaratDaya PADANG-SUMBAR
936 km BaratLaut JAKARTA-INDONESIA

Informasi Tsunami :

Gempa ini tidak berpotensi TSUNAMI

:::: BMKG ::::

(gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *