Pekanbaru

BPBD Menyapa Alam, Masyarakat Kelurahan Limbungan Gotong Royong Bersama

Pekanbaru – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Pekanbaru mengelar apel bersama dan gotong royong massal diwilayah Kelurahan Limbungan Kecamatan Rumbai Pesisir pada Senin (28/12) pagi.

Dalam hal ini selaku pimpinan apel yakni Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Setda kota Pekanbaru Drs. Aswan M.Si mengatakan penting menjalankan program gotong royong disetiap lingkungan secara bersama agar dapat terhindar dari banjir dan bencana lainnya.

“Dengan program gotong royong bersama yang dilakukan oleh pihak BPBD Pekanbaru ini, kita berharap juga dapat dijadikan sebagai contoh kepada instansi terkait lainnya dilingkungan kantornya dengan mengajak masyarakat maupun RT/RW setempat,” ujar Aswan seraya nantinya akan dijadikan agenda rutin bulanan disetiap masing-masing lingkungan instansi Organisasi Pemerintah Daerah (OPD).

Gotong royong bersama yang bertajuk BPBD menyapa alam ini untuk pertama kali dilaksanakan di Kelurahan Limbungan Kecamatan Rumbai Pesisir, dan nantinya menurut Kalaksa BPBD kota Pekanbaru Zarman Candra S.STP, M.Si menyebutkan akan dilakukan secara berkesinambungan dengan berpindah-pindah tempat.

“Nanti akan kita programkan BPBD menyapa alam ini secara rutin yang akan dilaksanakan disetiap lingkungan Kecamatan se kota Pekanbaru. Karena hal ini merupakan wujud nyata kita dalam memberikan motivasi kepada masyarakat agar bisa membangkitkan semangat bergotong royong kembali ditengah-tengah lingkungan sekitar,” ujar Zarman.

Bahkan mantan Camat Payung Sekaki ini menyebutkan alasan pelaksanaan gotong royong bersama di kelurahan Limbungan, karena setiap turun hujan lokasi tersebut sering dilanda banjir dengan ketinggian air sekitar kurang lebih 1 meter.

“Sehingga dengan adanya program ini tentu akan bisa menjawab daripada permasalahan banjir yang ada dikota Pekanbaru. Karena pada prinsipnya kehadiran BPBD ditengah-tengah masyarakat dapat menanggulangi dan menjawab permasalahan bencana yang ada saat ini,” urai Zarman.

Ia juga memastikan, keseriusan pemerintah dalam menangani serta menanggulangi bencana nantinya akan didukung penuh dengan muatan Peraturan Daerah (Perda) yang akan disetujui oleh DPRD kota Pekanbaru.

“Kita berharap Perda tentang penanggulangan kebencanaan akan segera diterbitkan, sehingga nantinya akan dianggarkan segala kebutuhan biaya dalam pelaksanaan kegiatan gotong royong ditengah-tengah lingkungan masyarakat,” tutup Kalaksa BPBD Pekanbaru.

Sementara itu, sebagai tuan rumah Camat Rumbai Pesisir Syamsudin S.Sos menyampaikan rasa terimakasihnya kepada pihak BPBD kota Pekanbaru yang telah memperhatikan kondisi lingkungan di kelurahan Limbungan yang kerap terjadi banjir.

“Kami atas nama masyarakat sangat bersyukur sekali dengan adanya program BPBD menyapa alam, semoga aktifitas ini dapat memotivasi kita semua dalam menjaga kebersihan lingkungan,” ucap Camat Rumbai Pesisir.

Menurutnya, lokasi yang sangat memprihatinkan yaitu berada pada saluran-saluran air di titik-titik lokasi sekitar RW. 02 dan RW. 07 Kelurahan Limbungan.

“Kondisi aliran parit disana tidak sanggup lagi menampung volume air pada saat curah hujan tinggi. Maka ditetapkan disanalah tempat pelaksanaan kegiatan gotong royong bersama tersebut,” ujar Syamsudin.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar dapat menjaga kebersihan lingkungan, aktifkan kegiatan gotong royong secara rutin, dan jangan buang sampah sembarangan. Sehingga kita dapat terhindar dari banjir dan wabah penyakit lainnya,” tutupnya.

Untuk diketahui, kegiatan BPBD menyapa alam tersebut melibatkan puluhan masyarakat utusan dari RT/RW setempat dan personil BPBD Kota Pekanbaru sekitar lebih kurang 70 orang. *(Mirza)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *