.

Selamat! Dilewakan Rangtuo Chaniago Pauh IX Dasman Boy Dt. Rajo Dihilie

Padang, PilarbangsaNews

Patah tumbuah hilang baganti, nan pusako diwarih dek nan mudo (Patah tumbuh, hilang berganti. Pusaka diwarisi oleh yang muda). Hal inilah yang terjadi dengan gelar pusaka Rangtuo Adat Suku Chaniago Nagari Pauh IX Kuranji bergelar Datuak Rajo Dihilie diwarisi Dasman Boy, S.Sos. Waris ini patah tumbuh hilang baganti setelah meninggalnya pemangku jabatan Rangtuo suku Caniago Pauh IX sebelumnya Anas Datuak Rajo Dihilie, akhir Oktober 2020 lalu.

“Sedangkan ninik mamak Dasman Boy yang pernah menjabat Rangtuo Adat Suku Chaniago Nagari Pauh IX sebelumnya Lapi Dt Rajo Dihilie, yang meninggal tahun 1980-an. Maka waris Lapi Dt Rajo Dihilie ini yang diwarisi Dasman Boy,” ujar Kapalo Paruik Rangtuo Adat Suku Chaniago Nagari Pauh IX Kuranji Baas Rj Mego, di sela-sela acara adat ‘Salai Dama’ (menghidupkan, melewakan) gelar adat Dt Rj Dihilie kepada Dasman Boy sebagai Rangtuo Adat Suku Pauh IX, Sabtu (6/2/2021) di rumah Gadang Lapi Dt Rj Dihilie di Lapau Manggih, Kelurahan Sungai Sapih, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat.

Berdasarkan data yang ada, yang pernah menjabat Rangtuo Adat Suku Chaniago Nagari Pauh IX berawal dari Si Angin Dt Rj Dihilie, Silakau Dt Rj Dihilie, Buso Dt Rj Dihilie, Puntuang Dt Rj Dihilie, Lapi Dt Rj Dihilie, Mansur Dt Rj Dihilie, Darwis Dt Rj Dihilie, Anas Dt Rj Dihilie kemudian diwarisi Dasman Boy Dt Rj Dihilie, S.Sos. “Maka dalam hal ini Dasman Boy Dt Rj Dihilie merupakan pemangku Rangtuo Adat Suku Chaniago Nagari Pauh IX yang kesembilan,” ujar Baas Rj Mego.

Harapan Baas Rj Mego, anak kemenakan yang memangku gelar sako Rangtuo Adat ini diharapkan amanah. Baik di dalam kaum maupun di suku Caniago di Nagari Pauh IX Kuranji. Walaupun nagari ini berada di dalam administratif perkotaan, namun, nilai-nilai dan sistem kekerabatan adat tetap dijaga dan dilestarikan.

“Setelah salai dama (dilewakan-red) maka anak kemenakan Dasman Boy sudah bisa duduk sama randah jo tagak samo tinggi dengan ninik mamak dalam nagari di Minang. Karena adatnya sudah diisi, limbagonya sudah dituang,” ujar Baas.

Penghulu Suku Caniago Nagari Pauh IX Kuranji Kota Padang Suardi Dt Rj Bujang mengatakan, setalah disalaidamakan, Dasman Boy mewarisi gelar Dt Rj Dihilie sebagai Rangtuo Adat Suku Chaniago, maka lengkap kembali perangkat ninik mamak bajinih suku Caniago Nagari Pauh IX. “Ninik mamak suku Chaniago sempat kosong sebentar setelah wafatnya pemangku Rangtuo Adat sebelumnya Anas Dt Rj Dihilie akhir Oktober 2020 lalu,” ujar Suardi, yang juga Ketua KAN Pauh IX Kuranji.

Ketua MPA KAN Pauh IX Irwan Basir Dt Rajo Alam mengharapkan, sebagaimana pemangku adat Rangtuo Adat Suku Chaniago hendaknya amanah sesuai dengan nilai nilai adat salingka nagari Pauh IX. “Karena jabatan bukan orientasi profit, tapi jabatan yang cukup sakral di sisi adat, butuh implementasi di lapangan dan bukan prestise saja,” ujar Irwan memberikan petuah kepada Datuak Rajo Dihilia yang baru. (rj/gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *