Agama

MTQ Tingkat Kelurahan Sungai Sibam, Wujudkan Generasi Muda Qur’ani Dan Islami

Pekanbaru – 27 Rajab 1442 H tepatnya memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, pada hari Kamis 11 Maret 2021 pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kelurahan Sungai Sibam dilaksanakan.

Kegiatan yang digelar di Masjid Fastabiqul Khairat komplek perumahan Beringin Surya Damai (BSD) dibuka langsung oleh Camat Binawidya Edi Suherman S.Sos, M.Si dan dihadiri oleh Ketua LPM Kecamatan Binawidya Liswarti, Lurah Sungai Sibam Sarnubi M.Pd, Ketua LPM Kelurahan Sungai Sibam Khambali, Babinsa, Babinkamtibmas, seluruh Lurah se Kecamatan, Ketua RT/RW, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dewan hakim, ketua panitia Irfan Fikri, dan para undangan lainnya.

Adapun tema yang diangkat yaitu dengan semangat MTQ menyatukan langkah dalam membangun generasi Qur’ani yang cerdas, berprestasi, dan berakhlakul Karimah.

Rangkaian diawali dengan penyampaian ketua panitia Irfan Fikri yang mengatakan untuk pelaksanaan MTQ tingkat kelurahan sungai sibam diikuti oleh 24 peserta dengan memperlombakan tilawah.

“Peserta MTQ untuk terdapat 24 orang yang terdiri dari dua orang anak-anak putra/putri, dua orang remaja putra/putri, dan dua orang dewasa putra/putri yang mewakili empat RW dilingkungan kelurahan Sungai Sibam,” urai Irfan Fikri sembari menyampaikan kegiatan ini akan dilaksanakan dalam waktu satu hari.

Dalam hal ini, Lurah Sungai Sibam Sarnubi M.Pd menyampaikan rasa terimakasih kepada panitia yang telah mempersiapkan dan menyukseskan kegiatan MTQ tingkat kelurahan pada saat ini.

“Terimakasih kepada seluruh panitia, semoga jerih payahnya mendapatkan amal kebaikan. Dan terimakasih juga kepada partisipasi seluruh masyarakat meramaikan kegiatan kita ini dalam mencari bibit, bobot generasi qur’ani,” ujar Lurah Sarnubi.

Ia juga mengharapkan pelaksanaan MTQ ini dapat dijadikan sebagai motivasi kepada orang tua dalam memberikan pendidikan ilmu seni membaca Al-Qur’an kepada anak-anak kita.

“Kegiatan ini merupakan suatu edukasi bagi anak-anak kita akan mendapatkan pendidikan ilmu dalam membaca dan memahami Al-Qur’an, sehingga nantinya wujud smart city madani dapat terwujud di Kelurahan Sungai Sibam,” tutup Sarnubi.

Sementara itu, Camat Binawidya Edi Suherman S.Sos, M.Si mengapresiasikan kegiatan MTQ tingkat kelurahan yang pertama di Sungai Sibam terkait antusias masyarakat untuk hadir ikut serta menyemarakkan kegiatan keagamaan rutin tahunan ini.

“Melihat semangat masyarakat, saya atas nama Camat yakin dan percaya telah mempercayai kelurahan sungai sibam sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Binawidya yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 maret nanti di Masjid Al-Zikra,” ujar Camat Edi.

“Sangat tingginya animo masyarakat tersebut menunjukkan bahwasanya orang tua sangat menginginkan anak-anaknya untuk dapat memahami seni baca Al-Qur’an. Untuk itu kami berharap nantinya di Kelurahan Sungai Sibam ini dapat membawa prestasi ke tingkat provinsi hingga nasional,” tambahnya.

Dalam memilih dan mencari pemenang, Camat Edi berpesan kepada dewan hakim agar dapat memutuskan hasil yang lebih jelas dan transparan.

“Kami percayakan hasil yang diputuskan oleh dewan hakim atau dewan juri, semoga dapat memilih calon qori-qoriah terbaik,” tutup Camat Edi Suherman.

Kegiatan diakhiri dengan berfoto bersama dengan para peserta dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. *(Mirza)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *