.

KAN Baringin Kecamatan Lima Kaum Tanah Datar Dikukuhkan

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Ketua KAN (Kerapatan Adat Nagari) Baringin Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar Yudarmi Dt Rajo Endah mengukuhkan Pengurus KAN Nagari Baringin yang dilaksanakan di kantor Wali Nagari Nagari Baringin, Rabu (7/4).

Prosesi pengukuhan itu dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Tanah Datar Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Ir. Nuryeddisman, Pengurus LKAAM Tanah Datar diwakili Koordinator Penyelesaian Sengketa Tanah Ulayat KAN Hali Saili Dt Paduko Basa/Angku Ladang dan E Dt Marah Patiah, Camat Lima Kaum diwakili Hendri Dunan, Ketua LKAAM Kecamatan Lima Kaum Wali Nagari Baringin serta ninik mamak dan Bundo Kanduang Nagari Baringin.

Sedangkan pengurus yang dikukuhkan itu wakil ketua I Muslim Datuk Intan Penghulu, wakil Ketua II Zaldi Osbar SH Dt Rangkayo Mulia, Sekretaris Adrizal Abid ST MT Dt Paduko Sutan, Wakil Sekretaris, I,II masing masing H Johni Bakhri Dt Mangkhudun, Wilson Saputra SH MH Dt Jo Mangkuto disamping juga dilengkapi masing masing seksi.

Sementara itu Staf Ahli Bupati Tanah Datar Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Ir Nuryeddisman menyampaikan aspresiasi atas dilaksanakannya pengukuhan Nagari KAN Nagari Baringin karena KAN merupakan wadah bagi para niniak mamak pemangku adat untuk membangun nagari dan kalau ini telah terlaksana maka pemerintahan nagari akan sangat terbantu sekali.

Meski tidak seluruh ninik mamak yang terakomodir dalam kepengurusan KAN, namun pada intinya para niniak mamak yang lain ada di dalamnya. Untuk itu diharapkan para niniak mamak pemangku adat ikut andil didalam wadah kepengurusan KAN yang ada.

“Kalau semua ninik mamak pemangku adat sudah bersatu apapun kebijakan yang diambil akan menjadi kuat. Karena itulah kita sangat mengharapkan KAN Nagari Baringin bisa bersinergi dan bekerjasama dengan pemerintahan nagari serta selanjutnya bersama-sama dalam membangun dan memajukan nagari Baringin,” kata Nuryeddisman.

Sementara itu Ketua LKAAM Tanah Datar diwakili Koordinator penyelesaian sengketa Tanah Ulayat Hali Saili Dt Paduko Basa/angku Ladang, menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh ninik mamak Nagari Baringin yang telah melaksanakan pengukuhan pengurus KAN Nagari Baringin. “Kita berharap pengurus yang baru bisa melaksanakan tugasnya dengan sebaik baiknya dan jika ada persoalan yang terjadi di nagari harus kita pecahkan secara bersama-sama. Disinilah pentingnya peran kaum adat, ulama dan tungku tigo sajarangan,” kata Dt Panduko Basa.

Sementara itu Wali Nagari Baringin Irman Idrus menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh ninik mamak termasuk seluruh Bundo kanduang, cerdik pandai dan pemuda yang telah mendukung pengukuhan Nagari Baringin.

“Kita siap bekerjasama dengan Pengurus KAN Nagari Baringin dalam upaya melestarikan nilai adat dan budaya kepada anak kemenakan kita di Nagari Baringin. Pemerintah nagari juga siap membantu pengurus KAN untuk melewakan kembali ninik mamak yang terpendam sebagaimana yang telah kita laksanakan dua tahun yang lalu. Disamping juga mohon dukungan pengurus KAN dan ninik mamak untuk mendorong kemajuan Nagari Baringin sebagai nagari yang berada di gerbang utama daerah Kabupaten Tanah Datar,” kata Wali Nagari.

Sedangkan Ketua KAN Nagari Baringin Yudarmi Dt Rajo Endah menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh ninik mamak di Nagari Baringin termasuk seluruh bundo kanduang, cerdik pandai dan pemuda yang telah ikut membantu pelaksanaan acara pengukuhan pengurus KAN Nagari Baringin. Ini sebagai bukti kebersamaan yang telah ada selama ini di Nagari Baringin yang terus dipertahankan. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *