.

Hari Bumi, Aktifis Walhi Sumbar dan IKA Unand Tebar Eco Enzyme

Padang, PilarbangsaNews

Walhi Sumbar bersama beberapa Komunitas Peduli Lingkungan Hidup termasuk, DPP IKA Unand Padang, Kamis (22/4) sore pekan lalu menggelar peringatan Hari Bumi di Kawasan Sawahan, Kota Padang.

“Kondisi bumi sangat memprihatinkan, ayo mulai dengan sederhana kita rawat bumi kita,” ujar aktifis Walhi Sumbar bersama DPP IKA Unand Padang.

Peringatan Hari Bumi di Padang Sumbar kali ini digelar dengan aksi menebar eco enzyme ke parit yang ada di Jati, sepanjang Jalan Perintis Kemerdekaan, Padang. Di bawah rintik hujan para aktifis termasuk ibu-ibu Bundo Kandung terlihat menenteng botol plastik lalu menyirami bandar (parit).

Eco enzyme adalah cairan alami multi fungsi hasil fermentasi limbah dapur organik yang segar (sisa kulit, buah dan sayur), gula dan air.

Cairan eco enzyme ini berwarna coklat dikembangkan Prof Dr Rosukan dari Thailand, tujuannya untuk mengurangi global warming.

Manfaaf Eco Enzyme:

1. Hemat uang, karena mengubah sampah dapur menjafi pembersih dapur alami.

2. Multi fungsi, pembersih dapur alami, penjernih udara, pengharum ruangan deterjen, produk kesehatan, pupuk organik dan lain-lain.

3. Mengurangi polusi, gas metana yang dihasilkan ketika membuang sampah 21 kali lipat lebih kuat menyebabkan pemanasan global dibandingkan CO2.

4. Pestisida alami, mengusir nyamuk, lalat, tikus, kecoa dan lain sebagainya.

5. Penjernih air, enzyme yang mengalir ke air akan secara otomatis menjernihkan air parit (selokan) dan laut.

6. Penjernih udara, menghilangkan bau, mengurangi racun yang dihasilkan dari asap rokok, kendaraan, zak kimiawi dari penggunaan produk rumah tangga.

7. Anti bakteri dan virus antiseptik alami rumah.

8. Mencegah saluran tersumbat mengurai sasa buangan yang tersangkut di septik tank rumah anda.

“Ayo berkelanjutan merawat bumi,” pesan aktifis lingkungan Sumbar pada peringatan Hari Bumi 22 April. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *