.

Tim Safari Ramadhan IKTDS Padang Kunjungi 3 Masjid di Kampung Halaman

Sungai Lundang, PilarbangsaNews

Sebagai upaya menjaga syiar Islam pada bulan Ramadhan di tengah pandemi Covid-19, Ikatan Keluarga Besar Taratak Desa Baru Sungai Lundang (IKTDS) Padang dan sekitarnya mengadakan Safari Ramadhan 1442 H dengan mengunjungi tiga masjid sekaligus pada dua nagari yaitu Nagari Taratak Sei. Lundang dan KBKA Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Minggu, (25/04/21)

Kegiatan yang diawali dengan berbuka bersama ini, diikuti tiga Tim Safari Ramadhan yang akan mengunjungi tiga masjid yang ada pada wilayah dua kenagarian.

“Tim Safari Ramadhan IKTDS Padang dibagi dalam tiga tim, tim satu di Mesjid Darul Qadim Taratak dipimpin Syahrul MA Dt. Putiah, tim dua di Mesjid Darul Jadid Desa Baru dipimpin M. Nasir Dt. Rky. Mudo sedangkan tim tiga di Mesjid Nurul Huda Sungai Lundang dipimpin Dahri S.Pd Dt. Rj Gumuyang,” kata M. Nasir Dt. Rky Mudo Ketua IKTDS Padang dan sekitarnya.

Ketua Tim 1 Safari Ramadhan IKTDS Padang dan sekitarnya mengatakan, bahwa program Safari Ramadhan merupakan agenda rutin IKTDS Padang sebagai bentuk kepedulian perantau terhadap kampung halaman dalam menjaga eksistensi syiar Islam pada bulan Ramadhan.

“Seperti biasanya kami perantau setiap bulan Ramadhan pulang bersama dengan membawa ustadz untuk ceramah sebagai wujud kepedulian kita kepada kampung halaman dalam mengembangkan syiar Islam,” ucap Syahrul Dt. Putiah di hadapan jamaah tarawih Masjid Darul Qadim, Nagari Taratak.

Ia juga berpesan kepada para jamaah agar senantiasa meningkatkan nilai-nilai ibadah di bulan ramadhan dengan memperbanyak membaca Alqur’an.

“Kejar pahala dengan memperbanyak membaca Alquran karena setiap huruf yang kita baca pahalanya dilipatkan gandakan oleh Allah SWT,” jelas guru MAN 2 Kota Padang ini.

Syahrul juga meminta kepada jama’ah agar mendoakan setiap kegiatan IKTDS Padang agar selalu berkomitmen untuk bisa membantu kampung halaman.

“Doakan kami agar selalu kompak di perantauan, sehingga bisa ikut ambil bagian dalam mewujudkan kampung yang lebih maju kedepannya,” tuturnya.

Sementara itu, pengurus Mesjid Darul Qadim sangat mengapresiasi dan merespon positif kegiatan Safari Ramadhan yang dilakukan IKTDS Padang sebagai bentuk kepedulian dalam rangka menjaga syiar Islam.

“Kita bersyukur didatangi Tim Safari Ramadhan, atas nama pengurus masjid kami ucapkan terimakasih,” ungkap Adpelita pengurus Masjid Darul Qadim Taratak.

Sebagai tempat ibadah yang sudah menghabiskan anggaran pembangunan Rp3,4 miliar, kata Adpelita, sampai saat ini pembangunan masjid masih terbengkalai. Ia berharap peran aktif perantau dalam rangka menuntaskan pembangunan mesjid kedepannya.

“Kami mohon bantuan moril dan materil kepada perantau untuk pembangunan mesjid kedepannya, sampai saat ini pengurus masjid masih terhutang dalam mengerjakan pembangunan masjid,” ujar Adpelita penuh harap.

Acara Safari Ramadhan dilanjutkan dengan ceramah yang di sampaikan ustadz Ramadas dari Kementerian Agama Kota Padang dengan mengusung tema tentang perjalanan hidup manusia. Tausiyah yang berlangsung sampai pukul 23.00 WIB ini diikuti antusias dan penuh khitmad oleh ratusan jamaah yang hadir. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *