.

Innalillahi… Birokrat Senior Akmal Firdaus Meninggal Dunia

Padang, PilarbangsaNews

Sumatera Barat kembali berduka. Selang tiga hari setelah kepergian mantan Sekda Pemprov Alm Rusdi Lubis, kini mantan birokrat senior Drs. H. Akmal Firdaus pula yang berpulang ke Rahmatullah. Innalilahi wa inna ilaihi rojiun…

Akmal Firdaus meninggal dunia dalam usia 79 tahun pada hari Kamis 29 April 2021 pukul 20.30 WIB di RSUD Tanah Datar di Batusangkar. Alm sebelumnya telah dirawat di rumah sakit itu selama empat hari karena keluhan sakit panggul dan sakit lambung yang dideritanya. Bahkan rencananya Jum’at (30/4) ini akan dirujuk ke RS Siti Rahmah Padang, namun Allah SWT berkehendak lain.

Kabar meninggalnya Akmal Firdaus beredar di berbagai grup WhatsApp dan laman Facebook. Sebagai pamong, terlihat ia bersentuhan dengan banyak kalangan dan semua menyatakan sangat kehilangan atas kepergian Alm Akmal Firdaus.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, telah berpulang ke rahmatullah Bpk. Drs. H. Akmal Firdaus malam ini jam 20.30 di RSUD Batu Sangkar. Kami kehilangan sahabat dan pamong panutan,” tulis Drs Asrul Syukur, mantan Sekda Pemprov Sumbar dalam grup WhatsApp Sakato Tuo Sumbar, yang beranggotakan para pensiunan birokrat Pemprov Sumbar.

Drs. H. Akmal Firdaus lahir di Batusangkar, 26 Juli 1942. Setamat APDN Bukittinggi, ia berkarier sebagai Camat di sejumlah kabupaten di Sumbar. Lebih lama bertugas di Sijunjung. Selanjutnya ia pindah ke Kantor Ditsospol Sumbar yang kala itu Kepalanya sangat legendaris A. Nawawi Syata.

Semasa Gubernur Sumbar Hasan Basri Durin 1987-1997, Akmal Firdaus pernah menjabat Kepala Biro Humas, kemudian Kepala Biro Pemerintahan dan terakhir menjadi Kepala Bangdes (sekarang Dinas PMD).

Karena pernah memimpin Biro Humas, tidak salah pergaulan Alm dengan wartawan sangat cair. Sosok yang bersahabat itu sangat disenangi wartawan. “Pak Akmal Firdaus adalah nara sumber yang asik untuk diajak diskusi. Ilmunya tentang pemerintahan dipadu dengan pengalaman empirisnya, maka wartawan dapat bahan berita yang lengkap,” kata Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumbar Dr. Ir. Basril Basyar, MM. mengenang sosok Akmal Firdaus.

Kenangan tidak terlupakan juga dirasakan Kadis PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM yang pernah menjadi staf almarhum. “Pak Akmal itu panutan pegawai. Disiplin dan etika pemerintahan itu betul-betul sama teori dan pelaksanaannya oleh Pak Akmal. Perhatiannya kepada staf sangat tinggi dan itu saya rasakan,” kata Syafrizal Ucok.

Di masa pensiun Akmal Firdaus memilih tinggal di Nagari Minangkabau yang bertetangga dengan Nagari Sungayang di Kabupaten Tanah Datar. Ia sengaja membangun rumah dengan view hamparan sawah dan Gunung Merapi, menghabiskan masa tuanya. Di keliling rumah Alm pun berkebun ubi. Beberapa ekor ayam kukuk balenggek pun dipelihara Alm untuk sebagai pamenan.

Almarhum meninggalkan seorang istri Murniati dan lima orang anak yang semuanya sudah dewasa. Rencananya jenazah Alm Akmal Firdaus akan dimakamkan usai sholat Jum’at (30/4) ini di kampung asalnya Pabalutan, Nagari Rambatan.

Selamat jalan Pak Akmal Firdaus… (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *