.

Bupati Solok Canangkan Program Satu Nagari Spesifik Satu Tanaman Buah

Kab Solok, PilarbangsaNews, —


Pemerintah Kabupaten Solok mencanangkan program satu Nagari spesifik tanaman Buah-buahan. Untuk mewujudkan rencana tersebut, Bupati Epyardi Asda menggandeng Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu Tropika) Kementerian Pertanian RI. Sumani, (07/05)

Dalam pertemuan dengan pihak Balitbu, Bupati Epyardi Asda ingin menciptakan satu Nagari spesifik tanaman buah. Dan dirinya meminta kepada pihak Balitbu untuk melakukan pembimbingan.

” saya ingin menjalin MoU dengan Balitbu untuk melaksanakan program ini dari hulu sampai hilir,” kata Epyardi Asda.

Dijelaskan Bupati, Balitbu nantinya akan melakukan pendampingan dari mulaii pemetaan wilayah, pembibitan hingga pada proses penanaman. Dimana nantinya Balitbu juga akan diminta untuk melakukan pelatihan kepada tenaga penyuluh pertanian.

” jadi kita meminta peran dari para ahli di Balitbu untuk secepatnya menyusun rancangan tersebut. Dan kita di pemerintahan siap untuk segera menjalankan misi tersebut, dan secepatnya bermanfaat bagi masyarakat luas, ” jelas Bupati.

Diakhir sambutannya, Bupati menginginkan satu Nagari memiliki satu Buah-buahan spesifik. Seperti di Kecamatan Singkarak yang cocok dengan tanaman buah durian.

” dan saya menginginkan di Nagari lainnya cocok dengan tanaman buah lainnya. Untuk itu saya meminta Balitbu dan para ahlinya untuk sama-sama mewujudkan Kabupaten Solok sebagai sentra tanaman Buah terbesar di Sumatera Barat, ” harap Bupati Epyardi Asda.

Sementara itu kepala Balitbu Tropika, Ellina Mansyah menyambut baik rencana Bupati tersebut. Pihaknya mengatakan telah banyak melakukan pendampingan kepada para petani di Kabupaten Solok, dalam pengembangan tanaman buah.

Diantara pendampingan kepada kelompok tani pisang kepok tanjung di Nagari Salayo. Kelompok tani buah naga dan lainnya.

” Namun karena kita bertanggungjawab di seluruh Indonesia, makanya kita hanya melakukan pendampingan kepada kelompok tani yang memiliki ketersediaan lahan yang cukup, ” kata Ellina.

Tambahnya, dengan melihat komitmen pemerintahan saat ini, dirinya optimis program satu Nagari spesifik tanaman buah akan terwujud.

  • kita berharap masyarakat Nagari tersebut nantinya betul-betul serius mengembangkan pertanian. Kita ingin masyarakat Kabupaten Solok mendukung rencana baik tersebut dalam memajukan pertanian di Kabupaten Solok. Kita siap sedia bekerjasama untuk mewujudkan hal itu, ” imbuh Ellina Mansyah. (ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *