.

Hampir 10 Hektar Kebun Gambir di Bukit Taratak Dilalap Sijago Merah

Pesisir Selatan, PilarbangsaNews

Dua unit mobil pemadam kebakaran Pol PP dan Damkar, dari Kecamatan Lengayang dan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, bersama anggota Polsek Batang Kapas, dan masyarakat berjibaku memadamkan kobaran api yang melahap lahan kebun gambir, serta lahan kosong seluas kurang lebih 10 hektar.

Lahan gambir dan lahan kosong berada di Bukit Taratak, di pinggir jalan raya Kampung Ujuang Batu, Kenagarian Taluak, Kecamatan Batang Kapas , Kabupaten Pesisir Selatan. Kebakaran terjadi pada hari Kamis (30/7) sekitar pukul 14.00 WIB.

Mendapatkan informasi kebakaran lahan, Kapolsek Batang Kapas Iptu Asma Derita dan anggota, Danramil 05 Batang Kapas Kapten Warsidi, Wali Nagari Taluak dan masyarakat langsung mendatangi lokasi kebakaran. Dua mobil unit Damkar Pessel datang ke lokasi.

Tiupan angin serta kondisi lahan yang mudah terbakar, membuat api cepat membesar, hingga terus meluas.

Kapolsek Batang Kapas Iptu Asma Derita menjelaskan, sejak pukul 14.00 WIB api terus membesar di atas Bukit Taratak, Kampung Ujuang Batu Taratak, Kenagarian Taluak.

Adapun jarak sumber api di bukit lahan kebun gambir dan lahan kosong yang terbakar dari Jalan Raya Bukit Pulai berjarak lebih kurang 30 meter.

Akibat dari kebakaran lahan kebun gambir dan lahan kosong yang terjadi di Kampuang Ujuang Batu ini menghanguskan lebih kurang 10 hektar lahan dan kerugian materil lebih kurang Rp20 juta dan dalam kebakaran ini tidak ada korban jiwa.

Turun langsung Kapolres Pesisir Selatan AKBP Sri Wibowo. S.IK,MH ke lokasi kebakaran pukul 23.00 WIB. Didampingi Kasat Intelkam AKP Don Rinaldi, SH, Kasat Reskrim AKP Hendra Yose, SH, Kasat Sabhara Iptu Nofrianda, KBO Lantas Iptu Elfison, SH, serta Kapolsek Asma Derita dan Danramil 05 Batang Kapas Kapten Warsidi.

Kapolres Pessel, AKBP Sri Wibowo menghimbau kepada masyarakat agar tidak membakar lahan sembarangan yang dapat menyebabkan kebakaran lahan yang lebih besar.  

Lanjut Kapolres, pada pengendara juga dihimbau agar tidak membuang puntung rokok sembarangan di pinggir jalan, yang juga dapat menyebabkan kebakaran. 

“Kita masih melakukan investigasi dari kebakaran lahan gambir dan lahan kosong ini,” terang Kapolres Pessel.

Setelah hampir enam jam lebih kebakaran dapat dipadamkan karena medan menuju lokasi kebakaran diatas bukit membuat proses pemadaman api perlu ektra kerja keras dari anggota gabungan. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 01.30 WIB, Jumat (30/7) dini hari. (ori)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *