Pendidikan

Songsong Kompetisi Sains Madrasah 2021, MAN 2 Padang Matangkan Persiapan

Padang, PilarbangsaNews

Di tengah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Covid-19, MAN 2 Kota Padang tetap memberikan kesempatan kepada siswa madrasah untuk berkompetisi dan berprestasi pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2021 yang diadakan oleh Kementerian Agama RI.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang menjadi agenda resmi Kementerian Agama yang di gelar rutin setiap tahun serta menjadi ajang bergengsi bagi madrasah, baik negeri maupun swasta dalam berbagai tingkatan untuk menguji kemampuan bidang sains siswanya.

Untuk menyiapkan kegiatan tersebut, MAN 2 Padang telah mengadakan rapat persiapan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang dilaksanakan di ruang kepala, Sabtu (31/07) yang lalu. Rapat diikuti oleh Kepala Madrasah, Waka, panitia dan instruktur KSM.

“Insya Allah tanggal 14 s/d 16 Agustus nanti akan di adakan uji coba serentak KSM untuk kota Padang,” kata Mihrar panitia KSM MAN 2 Kota Padang melalui keterangannya, Jum’at (6/08).

Mihrar menjelaskan bahwa pembinaan calon peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Padang tahun 2021 bertujuan untuk menjaring siswa- siswa madrasah sehingga siswa tersebut mampu bersaing nantinya pada KSM 2021.

“Kegiatan ini bertujuan menumbuh kembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa MAN 2 Kota Padang berdasarkan wawasan pengetahuan, kemampuan berfikir, kreatifitas, dan kerja keras untuk menguasai ilmu-ilmu sains, sosial dan keagamaan serta bisa memotivasi belajar dan intelektual siswa madrasah,” ungkap koordinator TPMP ini.

Ditambahkan Mihrar bahwa jadwal pelaksanaan pembelajaran untuk pembinaan dilaksanakan selama empat pekan mulai tanggal 21 Juli 2021 sampai dengan 20 Agustus 2021 oleh masing- masing instruktur mata pelajaran.

“Dengan menerapkan protokol kesehatan yang super ketat, masing- masing instruktur akan membina 1 orang siswa untuk satu mata pelajaran. Jumlah pertemuan untuk masing-masing mata pelajaran adalah 20 kali pertemuan dengan durasi 3 sampai 4 jam. Materi pelajaran yang disajikan pada kegiatan ini adalah materi KSM tahun 2020 dimana setiap bahan ajar diintegrasikan dengan materi Pendidikan Agama Islam. Setiap mata pelajaran dibina atau diampu oleh satu orang guru pembina. Sistem pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka setiap harinya di madrasah,” tambah Mihrar.

Ia juga mengatakan bahwa mata pelajaran yang diprogramkan dalam pembinaan calon peserta KSM ini adalah, Biologi, Ekonomi, Fisika, Geografi, Kimia dan Matematika.

“Instruktur Biologi Dedia Roni siswa binaannya Ipak Mufidah XI IPA 4, ekonomi Eva Rezmina dengan siswa binaannya M. Satria Aldi XII IPS 3, Fisika Hasrul dengan siswa binaannya M.Arif XI IPA 4, Geografi Yurdiana dengan siswa binaannya Alfito Harisman XII IPS 3, Kimia Lendra Hayu dengan siswa binaannya M. Asyraf Sarigo XI IPA 4 dan Matematika Dewi Suzana siswa binaannya M. Zikri Amri kelas XII IPA 6,” tutur Mihrar.

Dengan mengangkat tema ‘Dengan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) kita tingkatkan kualitas siswa di bidang akademis’ ungkap mihrar akan tercipta kesadaran siswa, guru dan pihak-pihak terkait lainnya terhadap pentingnya inovasi dan kreatifitas dalam pembelajaran.

“Dengan adanya pembinaan calon peserta KSM akan tercipta suasana kompetisi yang sehat di kalangan siswa madrasah sehingga akan terjadi peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Padang,” pungkasnya.

Kepala MAN 2 Kota Padang Akhri Meinhardi berharap kepada seluruh civitas akademika madrasah agar bersama-sama memberikan dukungan terhadap tim KSM agar dapat unjuk prestasi pada ajang kompetisi sains madrasah tahun 2021.

“Bapak dan Ibuk semua, mari kita dukung penuh bersama anak- anak, pembina dan tim komite KSM yang sedang berjuang untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi KSM Tahun 2021. Semoga MAN 2 kota Padang bisa meraih hasil terbaik, Aamiin,” ujar Akhri Meinhardi melalui pesan singkatnya. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *