.

Lantamal II Padang Gencar Serbuan Vaksinasi, Sudah 10 Ribu Orang Lebih Divaksin

Padang, PilarbangsaNews

Selama hampir tiga bulan ini, Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal II Padang terus melakukan serbuan vaksinasi, khususnya kepada masyarakat maritim di Kota Padang. Hingga awal Agustus 2021 sudah 10.000 orang lebih masyarakat yang telah divaksin, baik vaksin tahap 1 dan vaksin tahap 2.

Sasaran masyarakat maritim ini adalah para pekerja pelabuhan Teluk Bayur, masyarakat nelayan di Bungus dan Sungai Pisang, masyarakat sekitar pelabuhan Muara Padang, etnis Tionghoa di kawasan Pondok Padang Selatan, dan tentunya prajurit TNI AL bersama keluarganya.

“Alhamdulillah antusias masyarakat Kota Padang mengikuti vaksinasi ini sangat menggembirakan. Karenanya setiap serbuan vaksinasi stok vaksin yang disediakan selalu habis terpakai,” kata Kadiskes Lantamal II Letkol Laut (K) Zulfitri, S.Si. M.Kes., sebagai penanggungjawab kegiatan serbuan vaksinasi ini.

Diskes Lantamal II Padang menyiapkan 12 orang tenaga vaksinator setiap agenda serbuan vaksinasi. Tenaga Kesehatan atau Nakes dari Diskes Lantamal II Padang ini melaksanakan pelayanan vaksinasi tanpa kenal lelah sejak kegiatan ini digelar tiga bulan lalu, dan terus berlanjut hingga Selasa (10/8).

Serbuan vaksinisasi ini adalah implementasi perintah dan petunjuk dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, SE., MM., dimana TNI Angkatan Laut harus aktif melaksanakan serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim, terutama menjangkau masyarakat yang belum terlayani oleh kegiatan vaksinasi.

Menyikapi situasi serta kondisi pandemi Covid-19 yang belum dapat diatasi, pemerintah melalui TNI dan Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah menghimbau dan mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi agar terbentuk herd immunity. TNI Angkatan Laut dalam hal ini Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II Padang menyiapkan vaksin dan tenaga vaksinator.

Diskes Lantamal II Padang sudah melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat maritim dan masyarakat umum di Kota Padang. Baik vaksinasi tahap pertama maupun untuk tahap kedua. Tempatnya pun bervariasi, mulai dari Mako Lantamal II, Pelabuhan Teluk Bayur, Sungai Pisang, Gedung HTT, SPK Kesdam RS Reksodiwiryo, Pelabuhan Muara Padang dan di Kantor Diskes Lantamal II jalan Sutan Syahrir Padang.

“Pelayanan serbuan vaksinasi hari ini adalah untuk masyarakat Maritim, di antaranya pekerja bongkar muat pelabuhan, masyarakat nelayan, pegawai yang berkantor di lingkungan Diskes serta Keluarga Besar TNI AL,” kata Letkol Laut (K) Zulfitri, S.Si., M.Kes., yang juga Dansatgas Covid-19 Lantamal II Padang.

Pelaksanaan vaksinasi Selasa (10/8) yang dilakukan serentak seluruh TNI AL Indonesia ini, berhasil dilakukan vaksin untuk 50 orang penerima vaksin, yaitu vaksin tahap 1 sebanyak 40 orang dan vaksin tahap 2 sebanyak 10 orang. Mereka yang ikut vaksinasi ini terdiri dari remaja dan lanjut usia.

Salah seorang warga yang telah divaksin tahap kedua, Yulvera (49) mengaku tidak ada efek yang berarti setelah vaksin. Efeknya hanya mengantuk dan dapat diatasi dengan beristirahat yang cukup.

Danlantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Hargianto, SE.,MM.,M.Si (Han) menghimbau masyarakat memanfaatkan kesempatan serbuan vaksinasi yang dilakukan oleh Diskes Lantamal II. Karena vaksinasi merupakan upaya untuk menghadapi pandemi. “Kalau sudah divaksin maka dapat mengurangi terpapar Covid-19. Dan kalau pun terpapar maka resikonya sedang atau ringan,” kata Danlantamal II yang urang awak ini.

Karena Sumatera Barat masih rendah jumlah orang yang divaksin, maka TNI AL melalui Lantamal II tidak akan kenal lelah untuk terus melakukan serbuan vaksinasi. Ini dalam rangka perang terhadap penyebaran Covid-19.

Selain itu, Danlantamal II Laksamana Pertama TNI Hargianto, SE.,MM., M.Si (Han) berharap kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu menggunakan masker, sering mencuci tangan dan menjaga jarak atau tidak berkerumun. (Gian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *