.

Tekan Kenakalan Pelajar, Hendri Syamsi: Siap-siap Kena Tindak

Kab Solok, PilarBangsaNews

Dinas Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Pol PP Damkar) Kabupaten Solok, bersama dengan Pemerintah Kecamatan Lembah Gumanti menggelar sosialisasi ketertiban umum. Sosialisasi tersebut difokuskan kepada menekan tingkat kenakalan remaja dan pelajar di Kecamatan Lembah Gumanti.

Sosialisasi yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas (SMA) 1 Lembah Gumanti, dihadiri oleh Camat Lembah Gumanti, Zulbakti. Sekretaris Dinas Pol PP Damkar, Hendra Syamsi. Kabid Trantib Kasi Trantib Kecamatan. Kepala Sekolah SMA 1, Martin dan perwakilan organisasi intra Sekolah.

Dalam sosialisasi tersebut, Kepala Sekolah mengakui saat ini pihak sekolah sangat kesulitan menghadapi kenakalan siswa yang cenderung mulai mengarah kepada perbuatan kriminal. Tingkat kenakalan siswa tak lepas dari pengaruh penggunaan HP dan pergaulan negatif dari siswa luar dari Lembah Gumanti.

” Kalau di dalam lingkungan sekolah adalah tanggung jawab kami sepenuhnya, tetapi para siswa cendrung melakukan aksi dan tindakan negatif di luar lingkungan sekolah, ” sebut kepsek Martin.

Tambahnya, pihak sekolah sangat berharap agar pihak Pol PP melalui pemerintah kecamatan untuk giat melakukan patroli ketertiban. ” Hal itu agar proses pembelajaran siswa tak terpengaruh, oleh ajakan dan pergaulan yang tak patut bagi pelajar, ” tambahnya.

Senada dengan itu Camat Lembah Gumanti Zulbakti, menyambut baik permintaan dari pihak internal Sekolah untuk mendorong terciptanya proses pembelajaran yang normal dan kondisi bagi lingkungan.

Zulbakti mengatakan bahwa ini adalah tanggung jawab bersama, baik pihak sekolah, Pemerintahan setempat dan instansi penegak hukum. Namun pemberian pemahaman dan sosialisasi langsung ke, sekolah-sekolah dan langsung kepada para siswa adalah langkah terbaik yang dilakukan sebelum dilakukannya aksi penindakan. Lembah Gumanti, (07/09)

” kita sangat berharap nantinya, sosialisasi dan patroli ketertiban ini terus berjalan ke sekolah-sekolah lainnya. Terutama di kecamatan Lembah Gumanti, ” harapnya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Dinas Pol PP mengapresiasi sikap reaktif dari pihak sekolah dalam ikut menjaga ketertiban umum. Menurutnya ini adalah salah satu bentuk komitmen sekolah dalam menjaga proses pembelajaran yang berjalan dengan tepat dan benar.

” Kami atas nama Dinas Pol PP sangat berterima kasih, atas peran serta pihak sekolah dan respon cepat dari pemerintah kecamatan mewujudkan ketertiban umum. Ini adalah salah satu tugas pokok kami di Pol PP, dalam menjaga ketertiban bersama dan menciptakan situasi kondusif di Kabupaten Solok secara umum, ” jelas Hendri Syam yang akrab disapa Hen Datuak tersebut.

Hen Datuak menegaskan kepada pihak pendidik dan perwakilan siswa untuk giat menyampaikan pesan ketertiban ini dalam setiap rapat peserta didik. Bahwa tindakan kenakalan remaja saat ini kian mengarah kepada aksi kriminalitas. Dan secara tupoksi, Pol PP turut terlibat di didalamnya.

” Saya berharap sosialisasi ini turut digiatkan oleh pihak sekolah, kami nantinya akan menindak para siswa yang nantinya terjerat saat operasi kita lakukan. Hukuman bagi mereka nantinya tergantung tingkat kenakalan yang mereka lakukan. Dan tentunya , patroli dan operasi dari Pol PP ini akan kita lakukan secara berkala dan tentu akan menggandeng pihak kepolisian dan TNI, ” Jelas Hen Datuak. (ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *