.

Bawang Merah Berpotensi Jadi Komoditi Unggulan Payakumbuh

Payakumbuh, PilarbangsaNews

Bawang merah nampaknya akan menjadi komodi unggulan baru di Kota Payakumbuh. Wakil Wali Kota Erwin Yunaz kembali melakukan panen bawang. Panen kali ini bersama kelompok Tani Koto Saiyo di Kelurahan Payobasung, Kamis (30/09)

Hadir dalam panen tersebut Kepala Dinas Pertanian, Camat Payakumbuh Timur, Lurah Payobasung, penyuluh pertanian serta kelompok tani di sekitar Kelurahan Payobasung.

Di lahan seluas 0,2 hektar tersebut ditanam bibit varietas SS Sakato sebanyak 205 kg yang merupakan bantuan bibit dari Dinas Pertanian Kota Payakumbuh melalui program kegiatan pengembangan bawang merah.

Setelah ditanam selama 62 hari, hasil yang didapat saat panen berkisar 135 gram per rumpunnya, atau lebih dari 2,6 ton bawang per hektar yang bisa dipanen. Artinya kalau dirupiahkan melihat harga bawang dipasaran yang berkisar Rp20 ribu, maka petani bisa meraup sekitar Rp52 juta per hektar.

Saat panen bawang Wawako Erwin Yunaz menyampaikan, hasil panen bawang kali ini cukup memuaskan. Apabila sungguh-sungguh dalam mengembangkan bawang ini, dapat menjadi komoditi baru yang bakal memenuhi kebutuhan pasar karena peluang cukup terbuka.

“Alhamdulillah dari hasil panen hari ini melihat kualitasnya tidak kalah dari bawang yang ada di pasaran, ukurannya pun cukup besar dan warnanya juga tidak pucat. Untuk awal ini minimal bisa memenuhi kebutuhan lokal dulu,” ujarnya.

Dijelaskan Erwin bila selama ini benih masih dibeli di luar daerah, dengan melihat potensi panen hari ini, akan ada bibit yang bisa didapatkan bersumber dari hasil panen, dan tidak perlu lagi beli keluar.

“Melihat dari hasil panen yang cukup baik, bawang ini bisa dijadikan bibit untuk kebutuhan petani kita,” katanya. (wba).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *