.

Azzahra, Siswa MAN 2 Padang Satu-Satunya Wakil Sumbar di Ajang Duta Moderasi Beragama Nasional 2021

Padang, PilarbangsaNews

Siswa putri asal Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Padang menjadi satu-satunya wakil Sumatera Barat sebagai finalis pada ajang Duta Moderasi Beragama tingkat nasional tahun 2021. Ia adalah Azzahra Khairatul Ummah dari kelas XII IPS 2.

Pemilihan Duta Moderasi beragama dihelat oleh Direktorat KSKK Madrasah Ditjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka penguatan pengembangan karakter siswa madrasah dalam moderasi beragama melalui pemilihan Duta Moderasi Beragama Tahun 2021. Kegiatan yang mengambil tema “Duta Harmoni : Duta Hebat Bermartabat, Moderat dan Anti Korupsi” ini diperuntukkan bagi siswa/i madrasah aliyah se-Indonesia.

“Alhamdulillah saya terpilih 50 finalis Duta Harmoni Moderasi Agama Madrasah Aliyah tingkat nasional tahun 2021. Dari urutan 50 finalis tersebut saya nomor urut finalis 6. Senang dan bersyukur kepada Allah SWT bisa terpilih menjadi salah satu dari 50 peserta lainnya di seluruh Indonesia dan satu-satunya wakil wilayah Sumatera Barat, saya berharap kedepannya bisa memperoleh hasil terbaik dari seleksi ini,” kata Zahra melalui keterangannya, Sabtu (02/10).

Zahra menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan moderasi beragama adalah untuk penguatan karakter terutama pada aspek moderasi beragama, yaitu melalui pembangunan karakter moderat dalam rangka penguatan nilai-nilai moderasi beragama sehingga generasi yang dihasilkan madrasah tidak hanya hebat bermartabat namun juga matang secara spiritual, santun dalam menyikapi dinamika kehidupan, peduli dengan sesama dan lingkungan sekitarnya.

Perjuangan Zahra yang bercita-cita jadi dosen itu pun tidak mudah untuk bisa menjadi satu-satunya wakil Sumatera Barat di ajang tersebut. Sebab ia harus bersaing dengan menyisihkan 751 pendaftar yang berasal dari 34 Provinsi se-Indonesia.

“Awalnya buat naskah dan video untuk 100 besar. Untuk video pun itu edit sendiri dan mengandalkan teman-teman yang bersedia untuk dimasukkan ke dalam video tersebut.
Lalu seleksi tahap 2 untuk bisa masuk 50 besar harus membuat power point mengenai rencana aksi yang telah dibuat dan dipresentasikan didepan dewan juri dan panitia secara virtual melalui zoom meeting. Saat itu saya memang mempersiapkan public speaking yang bagus dan Alhamdulillah seleksinya lancar,” katanya.

Dalam program ini, Zahra menyebut bahwa dirinya mengusung kajian “Konsep Landasan Teologis dan Filosofi Moderasi Beragama, “Pancasila dan Wawasan Kebangsaan” dan “Strategi Gerakan Literasi Moderasi Beragama”.

“Saat ini pun saya juga sedang mempersiapkan esai mengenai realisasi rencana aksi yang dibuat untuk menghadapi kegiatan lanjutan secara luring yang direncanakan pada tanggal 6-9 Oktober 2021 bertempat di Hotel Royal Malioboro, Jl. Ps. Kembang No.29, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta,” terang Zahra Khairatul Ummah.

Keberhasilan Azzahrah Khairul Ummah menjadi wakil Sumatera Barat diapresiasi oleh Kakankemenag Kota Padang H. Edy Oktafiandi. Ia pun berharap agar semua yang dilakukan siswa itu bisa menyebarkan nilai-nilai moderasi beragama di tengah masyarakat.

“Selamat buat ananda Azzahra Khairatul Ummah yang terpilih sebagai finalis duta harmoni moderasi beragama yang berhasil mengangkat nama Kemenag Kota Padang, sebagai satu-satunya wakil dari Sumatera Barat. Tentu kita bersyukur kepada Allah, khususnya jajaran Kemenag Kota Padang siswa kita ditakdirkan terpilih untuk itu,” tambah Kakankemenag Edy Oktafiandi.

Sementara itu Kepala MAN 2 Kota Padang merasa bangga dan bahagia atas prestasi yang diukir siswanya yang terpilih sebagai finalis Duta Harmoni Moderasi Beragama tingkat nasional tahun 2021.

“Kita bangga dan terharu ananda kita ini mampu bersaing dengan kompetitor dari 34 Provinsi se Indonesia, yang jumlah pendaftarnya mencapai 751 orang. Selamat buat ananda Azzahra Khairatul Ummah, semoga bisa terpilih menjadi Duta Moderasi Beragama tingkat nasional di final nantinya,” ucap Akhri Meinhardi dengan penuh bangga.

Rasa bangga juga turut dirasakan oleh pembina Zulhasni. Ia mengatakan berkat dukungan dari pihak madrasah dan juga kolaborasi dengan guru-guru BK sehingga siswa MAN 2 Kota Padang mampu menembus finalis dalam ajang moderasi beragama tingkat nasional.

“Zahra siswa yang sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini, dia aktif dan mampu melalui setiap tahap seleksi ini, problem solvingnya bagus sehingga kegiatan duta harmoni yang sedang dijalaninya diikuti tanpa mengenyampingkan kewajibannya sebagai pelajar. Ia juga terbuka dalam diskusi-diskusi dalam merumuskan dan merealisasikan rencana aksinya dalam tahap kedua ini. Semoga dengan mengikuti kegiatan lanjutan luring di Yogyakarta nanti, Zahra mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu-ilmu baru, serta mendapatkan hasil terbaik sehingga mengharumkan nama madrasah, Kemenag Kota Padang dan Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat,” ungkap Zulhasni pembina Duta Harmoni Moderasi Beragama MAN 2 Kota Padang. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *