Sumatera Barat

Kukuruyuk… Festival Ayam Kokok Balenggek di Faterna Unand

Padang, PilarbangsaNews

Memperingati Dies Natalis Fakultas Peternakan (Faterna) ke-58, panitia menyelenggarakan Pekan Raya Peternakan 2021 dengan menggelar Festival Ayam Kokok Balenggek pertama kali yang diadakan di Fakultas Peternakan Universitas Andalas di Kampus Limau Manis.

Pekan Raya Peternakan ini dilaksanakan dari 27 September sampai 11 Oktober 2021. Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam Pekan Raya Peternakan ini, salah satunya Festival Ayam Kokok Balenggek.

“Disamping Festival Ayam Kokok Balenggek, juga ada pertandingan badminton, lomba memasak, lomba lari keliling kampus, lomba memanah, lomba musik akustik, webinar nasional dan debat,” kata Ketua Panitia Muhammad Fajri.

Ia menjelaskan, Festival Ayam Kokok Balenggek bertujuan memperkenalkan ayam kokok balenggek kepada seluruh civitas akademika Universitas Andalas dan Fakultas Peternakan khususnya bahwa Ayam Kokok Balenggek merupakan salah satu ayam asli/plasma nutfahnya Sumatera Barat.

”Sumbar memiliki banyak plasma nutfah yang patut dibanggakan, salah satunya ayam penyanyi yakni ayam kokok balenggek,” ujar Muhammad Fajri.

Festival Ayam Kokok Balenggek dilaksanakan tanggal 7 Oktober 2021 di area taman depan patung sapi Fakultas Peternakan Universitas Andalas.

Festival ini dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Dr. Ir. Adrizal, M.Si didampingi langsung oleh Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2 dan Wakil Dekan 3 Fakultas Peternakan Universitas Andalas.

Dekan Fakultas Peternakan Unand dalam kata sambutannya mengatakan, Pekan Raya Peternakan merupakan ajang tempat dimana para mahasiswa Fakultas Peternakan bisa berkarya sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

”Pekan Raya Peternakan ini merupakan ajang di mana para mahasiswa saling menampilkan dan saling berbagi, sehingga ilmu yang didapat selama kuliah di Fakultas Peternakan Unand bisa diterapkan ditengah-tengah masyarakat nantinya,” ujar Dr Adrizal.

Selain jajaran pimpinan Fakultas Peternakan, Festival Ayam Kokok Balenggek juga dihadiri oleh Ketua Asosiasi Pecinta Ayam Kokok Balenggek dan Ayam Hias Sumatera Barat Dr (Cand) Sastra Munafri, S.Sn, M.Sn, Wakil Dekan FMIPA Unand, Gubernur BEM Fakultas se-Unand, dan mahasiswa serta civitas akademika universitas Andalas pada umumnya.

Rangkaian Festival Ayam Kokok Balenggek ini dimulai dengan atraksi kokok balenggek ayam pada tenggerannya sebagai pembuka yang dilakukan simbolis oleh pimpinan Fakultas Peternakan Universitas Andalas, sampai pertunjukan tarian ayam kokok balenggek oleh panitia Pekan Raya Peternakan.

Sementara itu Ketua Asosiasi Pecinta Ayam Balenggek dan Ayam Hias Sumatera Barat Dr (Cand) Sastra Munafri menyambut baik adanya festival yang diadakan oleh Fakultas Peternakan Unand ini. “Kita dari asosiasi sangat menyambut baik diadakannya festival ini, yang merupakan ajang bagi anggota pecinta Ayam Kokok Balenggek untuk menampilkan kebolehan ayam peliharaannya,” kata Sastra Munafri.

Sastra Munafri berharap agar festival seperti ini lebih sering lagi diadakan, agar masyarakat mengetahui apa itu Ayam Kokok Balenggek, sekaligus mendorong lebih banyak lagi yang mengembangkannya. (rel/gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *