Solok Kabupaten

Hasil Penilaian Tim Validasi DTWU, Geopark Singkarak Duduki Ranking Teratas

Kabupaten Solok, PilarBangsaNews, —
Hal itu disampaikan oleh Prof. Ansor Fino, sebagai koordinator tim penilai dan validasi Daya Tarik Wisata Unggulan Provinsi Sumatera Barat. Hasil penilaian sementara, Geopark Singkarak Danau Kembar berada di rangking pertama mengalahkan objek wisata Gunung Padang di Kota Padang dan Istano Pagaruyung di Kabupaten Tanah Datar.

Kedatangan Prof. Anso Fino ke Kabupaten Solok turut didampingi oleh Ian Hanafiah, Trianda Putra, M.Sc dan aparatur Dinas Pariwisata Sumbar. Dan disambut langsung oleh Nasripul Romika beserta jajaran di dinas pariwisata Kabupaten Solok. Kantor Dinas Pariwisata, (03/11).

Dalam pemaparannya, Prof Anso bersama tim penilai mengatakan bahwa Geopark Singkarak-Danau Singkarak, mendapatkan penilaian teratas dari tim penilai dan validasi DTWU. Penilaian tersebut berdasarkan terlengkapinya pengisian data indikator melalui google form, verifikasi/validasi data dan pemaparan oleh Kepala Disparbud Kab Solok dan aparatur.

” Berdasarkan penilaian sementara dari Tim DTWU, Geopark Singkarak-Danau Kembar, menempati posisi teratas. Dan hari ini kami melakukan validasi atau melihat kondisi nyata dari kawasan tersebu, ” sebut Prof. Anso.

Tambahnya, jika kemungkinan terbaik menghampiri Kabupaten Solok, atau kawasan Geopark Singkarak-Danau Kembar berhasil menjadi terbaik maka akan banyak bantuan pengembangan yang diberikan oleh pihak Provinsi.

” Dan kami berharap kondisi kawasan ini terus dipertahankan sampai proses penilaian secara visitasi atau kondisi kenyataan selesai dilakukan, ” harap Prof. Anso.

Menyambut itu, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok Elafki, yang didpingi Kabid Pengembangan Wisata,Noly Eka Mardianto menyambut baik hasil penilaian sementara dari tim DTWU tersebut. Mereka dan jajaran dinas Pariwisata Kabupaten Solok berharap, kawasan Geopark Singkarak-Danau Kembar mendapatkan rangking pertama dan menjadi yang terbaik di Sumatera Barat.

Ditambahkan Elafki, sektor kepariwisataan merupakan salah satu sektor unggulan yang dituangkan dalam RPJMD 2021-2026 oleh Bupati Solok Epyardi Asda. Di mana sektor pariwisata merupakan sektor pendukung dalam upaya pemerintah daerah meningkatkan perekonomian masyarakat.

Potensi kepariwisataan yang mumpuni yang dimiliki oleh Kabupaten Solok, menjadikan Kabupaten Solok sebagai destinasi utama kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat.

” Sektor pariwisata adalah salah satu sektor unggulan dari Bupati Epyardi Asda. Dan kami beserta jajaran akan berupaya kuat untuk menjadikan kawasan Geopark Singkarak-Danau Kembar menjadi yang terbaik di Sumatera Barat, ” tegas Elafki.

Usai pertemuan, tim DTWU melanjutkan peninjauan ke lokasi yang telah didaftarkan sebagai kawasan penilaian. Dan lokasi unggulan lainnya seperti Moosa Edufarm, Central Park dan Masjid Ummy di Kawasan Danau Kembar. Juga melakukan kunjungan ke produksi susu sapi murni dengan aneka rasa dan sentra kopi solok sebagai produk unggulan daerah. (ad/za).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *