Tanah Datar

Resmikan Festival Pesona Adat Nagari Pangian, Wakil Bupati Richi Aprian: Momentum Bangkitnya Pariwisata Tanah Datar

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Di masa Pandemi Covid-19, Festival Pesona Adat Nagari Pangian 2021 diharapkan menjadi motor penggerak pertumbuhan pariwisata dan ekonomi masyarakat Tanah Datar.

“Melalui Festival ini, kami menggali, melindungi, dan mempromosikan potensi besar Nagari Pangian,” kata Wakil Bupati Richi Aprian pada pembukaan resmi Festival di Ngalau Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo, Kamis (11/11/2021).

Richi menambahkan, Festival tersebut sejalan dengan salah satu Program Unggulan (Progul) Tanah Datar. “Festival ini sejalan dengan acara Progul Satu Nagari Satu Even yang bertujuan untuk mendukung ekonomi kreatif, melestarikan budaya dan memajukan produk nagari,” ujarnya.

Wakil Bupati berharap dengan terselenggaranya acara ini sanggar seni akan semakin aktif, mendorong berkembangnya usaha mikro nagari, dan meningkatkan jumlah wisatawan ke Nagari Pangian.

“Industri pariwisata dinilai memberikan multiplier effect, dan sektor tersebut juga mendorong sektor lain seperti pertanian, industri kecil, perdagangan, transportasi, kuliner, jasa, dan lain-lain,” ujar Richi.

Terakhir, Wakil Bupati Richi Aprian menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara dan pihak terkait yang telah menyelenggarakan festival ini.

“Terima kasih kepada Bapak Jefri Masrul yang memprakarsai dan mendukung pendanaan ini, serta panitia yang inovatif mengembangkan kegiatan virtual dan menggunakan media sosial (seperti Youtube, Instagram, Zoom, dll),” ujarnya.

Pada saat yang sama, Jefri Masrul Anggota DPRD Sumbar, menyatakan dukungannya terhadap Festival Adat Nagari Pangian sebagai bukti nyata dukungan terhadap kampung halamannya.

“Ngalau Pangian merupakan salah satu potensi yang bisa menjadi wisata andalan, tidak hanya untuk Pangian, tetapi juga untuk Tanah Datar, yang juga akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat,” katanya.

Jefri menambahkan, untuk tahun 2022, pihaknya telah menganggarkan melalui dana Pokok Pikiran (Pokir) sebesar Rp 150 juta untuk pembangunan fasilitas toilet di Ngalau Pangian.

“Saya berharap dengan dibangunnya fasilitas pendukung ke depan, pengunjung akan merasa nyaman dan terus berkunjung ke sini serta menikmati keindahan alamnya.” ujarnya.

Pada kesempatan lain, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar yang diwakili oleh Hendri Agung Idrianto, Kabid Pengembangan Pemasaran Pariwisata, mengatakan Festival Pesona Adat Nagari Ngalau Pangian merupakan potensi wisata yang sangat bagus untuk dikembangkan.

“Kita sampaikan apresiasi terhadap pergelaran festival ini, meskipun dilaksanakan secara Hybrid, tapi saya yakin potensi Ngalau Pangian akan semakin terkenal di masa datang, namun tentunya harus mempunyai kalender iven, agar wisatawan mempunyai jadwal pasti untuk berkunjung,” tukasnya.

Kegiatan turut dihadiri Wakil Ketua TP PKK yang juga menjabat Ketua GOW Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian, Camat Lintau Buo Afrizal, Forkopimca, Wali Nagari Pangian dan undangan lainnya disuguhi penampilan Selebgram Alvis Devira, Randai,Silek Lintau, Fashion Show, Tari dan juga kuliner hasil UMKM masyarakat.(Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *