Agama

Bupati Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Taqwa Turawan

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Selain sebagai sarana beribadah kepada Allah SWT, mesjid juga diharapkan dapat digunakan sebagai pusat kegiatan keagamaan lainnya. Dengan tujuan untuk meningkatkan keimanan, sehingga dapat meningkatkan keimanan di masa depan dan menjadi benteng melawan arus negatif globalisasi dan berbagai kemajuan teknologi.

Hal itu disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra pada Minggu (14/11/2021) saat melakukan pembongkaran dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Taqwa Jorong Turawan, Nagari III Koto, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar.

Bupati Eka menambahkan, terselenggaranya kegiatan ini merupakan bentuk dan bukti nyata kerjasama dan kekompakan antara perantau dengan masyarakat di kampung halamannya.

“Pemda menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas acara seperti hari ini, karena sangat membantu pemerintah terutama dalam hal mensukseskan visi dan misi Tanah Datar. Terima kasih kepada perantau dan Yayasan Ombilin Nur serta masyarakat atas dukungannya,” ujar Eka.

Namun tentunya ke depan, tambah Eka Putra, masjid megah ini juga harus dipadati jamaah untuk beribadah.

“Mari kita mensejahterakan masjid ini melalui kegiatan ibadah, majlis taklim, remaja masjid, perpustakaan masjid, pembinaan ibadah dan memeriahkan hari besar islam.Dan juga pembinaan hafidz atau hafidzah,” kata Eka.

Menurut salah satu program unggulan satu rumah satu hafiz/hafizah, tambah bupati, khusus untuk hafidz. “Insya Allah program ini akan terus kami dorong agar masyarakat Tanah Datar ke depan lebih suka membaca Al-Qur’an dan mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga tercipta masyarakat yang sejahtera,” kata Eka.

Pada kesempatan yang sama, H. Dori Ketua Ikatan Keluarga Perantau Turawan (IKPT), mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati dan tokoh masyarakat lainnya.

“Pembangunan masjid ini merupakan berkah bagi kami masyarakat Turawan. Kedepannya mereka akan memiliki masjid yang lebih representatif dan megah. Tentunya kami juga berterima kasih kepada Yayasan Ombilin Nur yang menjadi donatur utama,” ujarnya.

Budiawan yang mewakili Yayasan Ombilin Nur juga menyampaikan hal yang sama, Dukungan dan kerjasama panitia dan masyarakat sangat luas.

“Terima kasih kepada masyarakat dan kita semua atas dukungannya, terutama kerjasama dengan IKPT, sehingga pembangunan ini dapat terlaksana,” ujarnya.

Kemudian, tokoh masyarakat setempat Suherman Saleh Dt. Majo Nan Sati juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Turawan atas dukungannya terhadap pembangunan Masjid Takwa yang baru.

“Rencananya masjid ini akan dibongkar dan pembangunan baru diharapkan selesai 1,5 tahun mendatang. Terima kasih kepada para donatur atas donasinya dan dukungan masyarakat serta semua pihak,” ujarnya.

Kemudian Suherman Saleh menyampaikan harapannya agar amal ibadah pembangunan masjid ini menjadi ibadah di sisi Allah SWT.

“Masjid Takwa ini awalnya dibangun dengan kayu, dan kemudian direnovasi tiga kali. Mulai hari ini juga akan dibangun kembali atau dibangun untuk keempat kalinya. Jangan khawatir,insya Allah amal ibadah bapak dan ibu yang telah telah membantu membangun masjid dari awal hingga saat ini dan kedepannya digunakan untuk beribadah sekaligus, akan dinilai pahala oleh Allah SWT,” pungkasnya.

Hadir pada kegiatan ini Wakil Bupati Tanah Datar Periode 2016-2021 Zuldafri Darma beserta istri, Staf Ahli Bupati Nusyirwan, Camat Rambatan, Forkopimca Rambatan, Wali Nagari, ninik mamak, bundo Kanduang dan undangan lainnya. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *