Pendidikan

Peduli Kemanusiaan, PMR Wira MAN 2 Kota Padang Gelar Aksi Donor Darah

Padang, PilarbangsaNews

Palang Merah Remaja (PMR) Wira MAN 2 Kota Padang menggelar kegiatan donor darah, Kamis (18/11/2021) bertempat di hall Umar bin Khattab, Kampus MAN 2 Kota Padang jalan Gajah Mada No. 100 Gunung Pangilun, Kota Padang.

Aksi sosial ini hasil kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) unit Kota Padang ini merupakan program rutin yang diadakan tiap tahun, sebagai wujud kepedulian kemanusiaan terhadap ketersediaan darah yang ada di PMI.

“Ini bentuk aksi nyata rutin PMR Wira MAN 2 Kota Padang dalam rangka membantu suplai darah untuk PMI, insyaallah target kita 130 kantong darah untuk hari ini,” kata Evi Sulitri yang juga diamini Roni Ilham, Pembina PMR Wira MAN 2 Kota Padang.

Aksi donor darah yang bertema ‘Satitiak Darah Kito Baguno Untuak Basamo, Pandemi Bukan Penghalang Untuk Kita Peduli’ diikuti siswa, guru/pegawai dan masyarakat sekitar kampus MAN 2 Kota Padang.

“Ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi oleh peserta donor, diantaranya sehat jasmani rohani, umur 17 tahun keatas, tidak memiliki penyakit serius dan bagi wanita tidak dalam keadaan hamil atau menstruasi,” tambah Evi Sulitri.

Sementara itu, dr. Dian Margaretha tim PMI Kota Padang mengungkapkan bahwa PMR Wira MAN 2 Kota Padang termasuk sekolah (madrasah) yang paling banyak menyumbangkan darah untuk PMI unit Kota Padang.

“Melalui kegiatan ini, pasien yang membutuhkan darah di rumah sakit sangat terbantu dengan kegiatan donor darah yang diadakan PMR Wira MAN 2 Kota Padang,” ungkapnya.

Kepala MAN 2 Kota Padang mengatakan bahwa aksi donor darah merupakan program unggulan PMR sebagai bentuk kepedulian kemanusiaan dalam membantu sesama umat manusia.

“Setetes darah akan sangat berarti dalam membantu menyelamatkan nyawa sesama manusia. Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi ladang amal ibadah bagi kita semua,” jelas Akhri Meinhardi.

Sejumlah pendonor menyambut antusias aksi donor darah yang digelar PMR Wira MAN 2 Kota Padang. Rendi Sugianto Putra salah satunya, siswa kelas XII IPA 4 ini menyebut bahwa aksi donor darah yang dilakukan sebagai bentuk kepeduliannya dalam rangka membantu sesama.

“Ada banyak manfaat kesehatan yang saya rasakan setelah donor, di antaranya badan terasa segar dan fresh,” ujar anggota ekskul PMR Wira MAN 2 Kota Padang ini. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *