.

Satgas Covid-19 Minta Lurah Sisir Kembali Data Warga yang Sudah Divaksin

Payakumbuh, PilarbangsaNews

Dalam rangka evaluasi penanganan Covid-19 dan mensukseskan program vaksinasi di Kota Payakumbuh, Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Payakumbuh menggelar rapat koordinasi (Rakor) yang digelar di Aula Ngalau Indah kantor Wali Kota, Selasa (7/12/2021).

Berdasarkan hasil rapat Satgas Covid-19 Kota Payakumbuh disepakati bahwa akan dilaksanakan pendataan kembali kepada masyarakat yang belum melaksanakan vaksin dan juga pendataan lebih lanjut kepada masyarakat yang sudah vaksin di luar daerah namun tidak terdata di Payakumbuh. Hal ini dilakukan untuk mendata warga yang belum tervaksin, untuk kemudian diteruskan ke kelurahan agar bisa ditindaklanjuti oleh Lurah dan Camat.

“Setelah mengevaluasi hasil Gebyar Sumatera Barat Sadar Vaksin yang telah kita laksanakan, capaian kita 73,32 persen dosis 1 dan 47,84 persen dosis 2. Kita akan kebut capaian hingga 80 persen sampai akhir bulan Desember demi mencapai herd immunity. Untuk itu diharapkan agar perangkat kelurahan hingga ke kecamatan kembali mendata masyarakat baik yang belum divaksin dan juga yang telah divaksin di luar daerah namun belum terdata di Payakumbuh,” kata Sekretaris Daerah Rida Ananda yang didampingi Asisten I Dafrul Pasi dan Kepala Badan Keuangan Daerah Syafwal.

Ditambahkan Rida, kebijakan dari Pemerintah Kota Payakumbuh untuk tetap menjaga protokol kesehatan tetap dilaksanakan, termasuk aturan yang mengatur kegiatan kerumunan.

Sekda Payakumbuh
Rida Ananda

Sebagaimana diketahui, pada 16 Desember mendatang akan digelar Tausiah dan Tabligh Akbar oleh Ustadz Abdul Somad. Mengingat tingginya animo masyarakat dalam mengikuti kegiatan tersebut, akan disediakan 4 titik vaksinasi di lokasi acara dan dilakukan pendataan kepada masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut dengan pengecekan melalui aplikasi peduli lindungi.

“Pada saat kegiatan Tabligh Akbar tanggal 16 Desember mendatang akan disediakan 4 titik tempat vaksinasi di lokasi acara. Seluruh masyarakat yang datang untuk menonton dipastikan sudah melakukan vaksinasi dengan pengecekan melalui aplikasi peduli lindungi. Bagi yang belum silahkan vaksin dulu di tempat yang disediakan. Ini demi mencegah penyebaran virus corona,” jelas Sekdako.

“Mari kita sukseskan program vaksinasi, dosis kedua sama pentingnya dengan dosis pertama, beriringan menjadi tujuan utama kita dalam membentengi diri dari bahaya paparan Covid-19,” pungkasnya. (Gian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *