.

Eratkan Silaturrahmi, IKTDS Padang Adakan “Balanjuang” di Taratak Sungai Lundang

Taratak Sungai Lundang, PilarbangsaNews

Perkuat silaturrahmi, Ikatan Keluarga Besar Taratak Desa Baru Sungai Lundang (IKTDS) Kota Padang dan sekitarnya mengadakan makan “balanjuang” Minggu (12/12/2021) di Lubuak Biduak Batang Air Taratak, Kenagarian Taratak Sungai Lundang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua IKTDS Kota Padang M. Nasir Dt. Rangkayo Mudo, Ketua KAN Taratak Sungai Lundang Syahrul Dt. Putiah, Sekretaris KAN Bisar Tolany Dt. Manggung, anggota Bamus Nagari Taratak Sungai Lundang unsur Bundo Kanduang Nurkainis, perantau Batam Usman serta anggota IKTDS Padang dan sekitarnya.

Panitia acara “balanjuang” menyebutkan bahwa acara ini sengaja dilaksanakan untuk ajang silaturahmi dan memperkuat persatuan sesama anggota IKTDS Padang dan sekitarnya.

*Makan “Balanjuang” ini adalah kegiatan yang sengaja digagas dalam rangka mengenang masa-masa dulu yang suka makan-makan di tepi sungai,” ujar Syafrizal ketua pelaksana acara “balanjuang”.

Makan Balanjuang di pinggir sungai, mengenang masa lalu

Ia menambahkan untuk mengangkat acara ini, anggota IKTDS sangat antusias membantu dalam bentuk sumbangan sembako dan kebutuhan lainnya. “Disamping iuran, ada juga anggota yang berpartisipasi membantu menyediakan ayam kampung, beras, jengkol, sayuran dan kebutuhan lainnya,” jelas Syafrizal, ASN Dinas Peternakan Pemprov Sumatera Barat ini.

Suasana penuh keakraban serta diselingi canda tawa penuh gembira terlihat dalam acara makan-makan ini. Semua tampak lahap menikmati dengan menu makan ala rumahan. Ayam goreng Lampok Koto Gadang yang diselingi dengan samba lado bada jo jariang (jengkol) dan sayur sikujua plus sayur buncis menambah maknyusnya “balanjuang” keluarga besar IKTDS Padang dan sekitarnya.

Solman bendahara IKTDS menuturkan acara ini sangat sarat dengan suasana kekeluargaan. Menurutnya kebersamaan itu indah, karena itu acara makan “balanjuang” ini harus menjadi agenda rutin IKTDS, paling tidak satu kali dalam enam bulan.

Sementara itu, Ketua IKTDS Padang dan sekitarnya yang ikut hadir dalam makan “balanjuang” ini berpesan bahwa kedepannya IKTDS harus semakin kompak dari sebelumnya.

“Bagi perantau Taratak Desa Baru Sungai Lundang yang belum tergabung ke organisasi IKTDS ini, agar dapat bergabung, karena IKTDS itu merupakan tempat kita untuk mempererat hubungan tali silaturrahmi sesama perantau,” ungkap M. Nasir Dt Rangkayo Mudo. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *