Tanah Datar

Dukung Ciptakan Usahawan Baru, Pelatihan Berbasis Kompetensi Digelar

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar selalu melatih para pelaku usaha potensial dalam rangka mencapai Program Unggulan (Progul) untuk menciptakan wirausahawan baru dan kesempatan kerja.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Tanada bekerja sama dengan Kementerian Ketenagaan Kerja dan Badan Zakat Nasional (Baznas) Tanah Datar menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi yang dibuka langsung oleh Bupati Eka Putra di dampingi Ketua Dekranasda Tanah Datar
Ny. Lise. Eka Putra di Balai Latihan Kerja (BLK) Batusangkar, Lima Kaum, Senin (14/2/2022).

“Menurut data resmi dari pusat statistik, tingkat pengangguran terbuka tahun 2021 di Tanah Datar menempati urutan keempat dari 19 kabupaten dan kota di Sumbar, dengan hasil survei sebesar 4,63% pada tahun 2021, turun dari 4,79% pada tahun 2020 dan tingkat nasional sebesar 6,49%,” kata Eka Putra dalam sambutannya.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, untuk data ketenagakerjaan mikro Tanah Datar yang tercatat di kantor PMPTSP Naker tahun 2021, jumlah pencari kerja sebanyak 6.463 orang. 2.601 laki-laki dan 3.862 perempuan berlatar belakang pendidikan SMA/sederajat dan lulusan Diploma dan Strata 1.

Bupati mengatakan untuk mengurangi pengangguran, pemerintah Tanah Datar telah mencanangkan pelatihan berbasis kompetensi melalui berbagai program kejuruan, dengan harapan para pencari kerja yang belum memiliki pengetahuan dan keterampilan profesional dapat memasuki pasar kerja dan membuka usaha. Ke depan, kami berharap bisa tumbuh menjadi pengusaha sukses, dan target tahun ini 1.000 pengusaha.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Ketenagaan Kerja yang telah mendukung progul Tanah Datar untuk mensejahterakan rakyat melalui BLK Padang, Dana APBN dan Baznas Tanah Datar.

Di akhir sambutannya Bupati berpesan agar para peserta yang akan menjalani pelatihan selama sebulan ini benar-benar mendapatkan ilmu yang diharapkan dapat mengurangi pengangguran dan membuka lapangan pekerjaan baru kedepannya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMPTSP Zahratul Khairi melaporkan bahwa pelatihan dilakukan melalui 17 paket berbasis kompetensi. Dana APBD Tanah Datar 10 paket, APBN 6 paket, dan Baznas Tanah Datar sebanyak paket, dengan jumlah peserta 304 orang, dirancang untuk menginspirasi pengusaha dan menciptakan lapangan kerja.

Sementara itu, Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah mengatakan pelatihan ini didukung oleh Program Ekonomi Produktif Baznas dan mendukung program Tanah Datar untuk mencapai 1000 wirausaha baru melalui paket pelatihan servis sepeda motor dengan bantuan peralatan bengkel.

Turut hadir pada acara tersebut Asisten, pimpinan OPD terkait, Kepala BPS Tanah Datar Kardiman, Camat Lima Kaum Hendra Setyawan, Wali Nagari dan kepala UPTD BLK Batusangkar beserta jajaran.(Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *