Pendidikan

50 Guru MAN 2 Kota Padang Ikuti Pembuatan Soal Ujian Madrasah Tahun 2022

Padang, PilarbangsaNews

Sebanyak 50 orang guru MAN 2 kota Padang mengikuti pembuatan soal ujian Madrasah tingkat aliyah tahun pelajaran 2021/2022, Senin (21/02/2022) di aula Abu bakar Shiddiq kampus MAN 2 kota Padang.

Kepala MAN 2 kota Padang Akhri Meinhardi mengatakan bahwa pembuatan soal sesuai dengan intruksi direktorat jenderal pendidikan Islam nomor B.350/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/02/2022 yang mengamanatkan masing-masing madrasah agar membuat soal untuk mengukur kemampuan siswa.

Dikatakannya pembuatan soal ujian madrasah (UM) wajib memperhatikan prinsip utama pembelajaran pada masa pandemi dengan memperhatikan keselamatan dan keamanan seluruh warga madrasah dari ancaman Covid-19.

“Soal UM agar disajikan secara proporsional dan mampu memancing munculnya kompetensi yang diukur, namun tidak sampai menimbulkan tersitanya waktu dan kelelahan siswa yang berkelebihan,” kata Akhri Meinhardi.

Ditekankannya kesempatan siswa untuk menjaga kebugaran dan kesehatan selama ujian wajib menjadi perhatian semua pihak yang ada di madrasah.

“Sesuai program kita membuat soal yg representatif dengan persentase 20 persen diambilkan dari materi kelas X 20 persen, 30 persen dari kelas XI dan 50 persen dari materi kelas XII,” ujar Akhri Meinhardi.

Ia berharap kepada guru-guru yang telah dipercayakan oleh madrasah untuk membuat soal agar mengerjakan amanah sebaik-baiknya dengan berpedoman kepada aturan yang berlaku.

“Fokus dan tetap bersemangat dalam bekerja, mudah-mudahan menjadi ladang pahala serta mendapat berkah dan ridho Allah SWT,” ucapnya sambil memberikan semangat kepada guru-guru pembuat soal UM.

Sementara itu wakil kepala bidang akademik Yuliasman berharap dalam penyusunan soal agar memperhatikan kompetensi dasar dan indikator soal yang telah dirumuskan, baik kisi-kisi yang dikeluarkan oleh dirjen Pendis maupun yang dibuat oleh guru itu sendiri.

“Jumlah soal untuk mata pelajaran eksakta dan bahasa asing sebanyak 40 soal sedangkan untuk non eksakta 50 soal dengan durasi waktu 90 menit,” ujarnya memberikan penekanan.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa pelaksanaan ujian madrasah akan dilaksanakan pada tanggal 23 sampai 31 Maret tahun 2022 dengan menggunakan aplikasi e-learning.

“Mata pelajaran yang di ujikan sebanyak 26 mapel, untuk mata pelajaran ketrampilan, ujian praktek dan nilai akademik diambil langsung oleh guru masing masing,” pungkas Yuliasman.

Nampak para peserta pembuatan soal ujian Madrasah tahun 2022 sangat antusias dan bersemangat dalam menyusun butir demi butir soal, mereka dikelompokkan berdasarkan mata pelajaran. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *