Pendidikan

Siswa MAN 2 Kota Padang Diajak Untuk Menjadikan Motivasi Kunci Kesuksesan

Padang, PilarbangsaNews

Jadikanlah motivasi dari diri dan luar diri itu sebagai fondasi untuk sukses, tinggalkan hal hal yang membuat motivasi menjadi lemah sehingga kita selalu bersemangat dalam meraih cita cita.

Hal itu disampaikan Dewi Suzana Wali kelas XII IPA 5 saat bertindak sebagai pembina upacara bendera Senin 21 Februari 2022 di lapangan kampus MAN 2 kota Padang jalan Gajah Mada No. 100 Gunung Pangilun kota Padang.

Lebih lanjut Dewi Suzana menuturkan untuk bisa belajar dengan kesadaran sendiri harus tahu tujuan belajar sebenarnya, tanamkan motivasi dari diri sendiri dengan membuat cita-cita.

“Dengan selalu mengingat cita cita yang harus diraih maka kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapainya sehingga akan menentukan sikap yang akan kita lakukan,” katanya dihadapan peserta upacara yang diikuti kepala madrasah, waka, guru dan seluruh siswa MAN 2 kota Padang.

Dewi Suzana mengatakan bahwa motivasi bisa juga didapat dari luar diri sendiri, sebagai contoh dengan bertanya kepada teman yang berprestasi dan punya keahlian.

“Carilah motivasi dari mereka, cari teman yang bisa membangkitkan motivasi sehingga bisa sukses seperti mereka, motivasi juga bisa diambil dari seseorang yang diidolakan seperti BJ Habibie, pelajari kiat beliau untuk sukses,” lanjut Dewi Suzana memotivasi siswa.

Ditambahkan Dewi Suzana dari kecil otak memang harus dibiasakan untuk belajar. Dikatakannya otak ibarat mata pisau akan tajam bila diasah, kalau tidak diasah akan berkarat sehingga malas berfikir.

“Semua ananda tahu tugas utama kita adalah belajar, tapi ada yang serius dan ada yang masih lalai, ada belajar hanya ketika akan ujian ,atau takut dimarahi orang tua. Belajar dengan sebab demikian yaitu karena adanya paksaan, tidak akan membuahkan hasil yang maksimal,”ujar guru tim penyusun AKSI tingkat nasional ini.

“Belajar tidak hanya pada pendidikan formal saja, belajar keterampilan seperti di bengkel, tata busana juga disebut belajar sehingga punya skill atau keahlian setelah tamat nantinya,” pungkas Dewi Suzana.

Langkah tegap dan serentak yang diperlihatkan oleh siswa kelas XII IPA 5 sebagai pelaksana upacara bendera yang diiringi marching band membuat upacara berlangsung khidmat dan sukses. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *