.

Dua Kali Gempaaa… Pusatnya di Kabupaten Pasaman Barat

Pasaman, PilarbangsaNews

Dua kali gempa dengan kekuatan cukup besar mengguncang Sumatera Barat, Jum’at (25/2/2022) pagi. Tercatat gempa dengan kekuatan 5,2 Skala Richter dan 6,2 Skala Richter dilaporkan mengguncang Pasaman Barat (Pasbar), Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat pagi.

Gempa tersebut bahkan terasa kuat hingga di sejumlah kawasan lain di Sumbar, seperti Kota Padang, Bukittinggi, dan Tanah Datar. Masyarakat kaget, terlihat panik dan berhamburan keluar rumah, termasuk di beberapa kawasan di Kota Padang.

“Gempanya terasa kuat, pusatnya menurut BMKG di seputaran Pasaman. Saya merasakan gempa cukup kuat,” kata Edi Jarot (53) Pemimpin Redaksi Harian Koran Padang, yang berasal dari Pasaman ini lewat WhatsApp.

Sementara Giodani (23) seorang warga di kawasan Ulu Gadut terjaga dari tidurnya akibat gempa. “Cukup keras gempanya. Saya terbangun dibuatnya,” kata Gio di teras rumahnya.

Dari data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut terjadi di 0,14 Lintang Utara dan 99,99 Bujur Timur. Pusatnya terjadi di 18 kilometer Timur Laut Pasaman Barat dengan kedalaman 10 kilometer.

Data di Instagram Info Sumbar menyebutkan, kedalaman pusat gempa berada pada 10 kilometer dari Timur Laut Pasaman Barat, namun tidak berpotensi Tsunami. 

Sebelumnya, pada subuh hari, gempa bumi juga mengguncang Kabupaten Dharmasraya. Gempa yang diketahui memiliki magnitudo 3,1 tersebut termasuk kecil sehingga hampir tak dirasakan masyarakat di kabupaten paling timur di Sumbar tersebut.

Koordinator Data dan Informasi BMKG Stasiun Padang Panjang, Hamdy Arifin menjelaskan, gempa di Dharmasraya itu dengan kedalaman 60 hingga 300 kilometer masuk ke dalam kategori zona subduksi.

“Gempa zona subduksi berbeda dengan Sesar Sumatera yang cenderung memiliki kedalaman dangkal, di bawah 30 kilometer,” katanya beberapa waktu lalu.

Tentang gempa bumi yang berpusat di Pasaman belum diperoleh laporan, apakah ada kerusakan bangunan dan korban. (hn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *