PARIWARA

Pasang Stiker Program 1 Rumah 1 Hafizh/Hafizah, Bupati Akan Berikan Reward

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Program 1 Rumah 1 Hafizh/hafizah merupakan salah satu program Progul Tanah Datar tahun 2021-2026. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut, salah satunya dengan memasang stiker di rumah sebagai tanda bahwa ada anak-anak di rumah itu ada yang hafal Al Qur’an.

“Pemasangan stiker di rumah-rumah yang ada hafizh/hafizah bertujuan untuk menginspirasi anak-anak lainnya agar hafal Al Qur’an,” kata Bupati Tanah Datar Eka Putra saat pemasangan stiker secara simbolis di Jorong Tabek Boto, Nagari Baringin, Sabtu (26 Februari 2022).

Bupati kembali menegaskan bahwa Program 1 Rumah 1 Hafizh/hafizah bertujuan untuk mewujudkan Kabupaten Tanah Datar Madani sekaligus membentuk Kabupaten Tahfizh.

“Kami berharap dalam 15 hingga 25 tahun ke depan, dengan semakin banyak anak muda yang hafizh atau hafal Al Qur’an, setengah atau lebih masyarakat Tanah Datar penghafal Al Qur’an,” katanya.

Bupati Eka Putra bersama anak-anak penghafal Al Qur’an

Jadi, ajak Eka, mari bekerja sama dengan orang-orang di Tanah Datar untuk mendukung dan mensukseskan salah satu Progul ini.

“Alhamdulillah, program ini akan menjadikan Tanah Datar sebagai kawasan yang beradab dan sejahtera, bebas dari mara bahaya dan bencana, sesuai dengan filosofi Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah,” ujarnya.

Bupati Eka kembali menyebutkan bahwa ke depan pemerintah daerah akan memberikan penghargaan kepada 6 Nagari terbanyak yang melaksanakan program 1 Rumah 1 Hafizh/hafizah.

“Pemerintah daerah akan mengirimkan tim evaluasi dan validasi kepada nagari yang paling banyak mampu menjalankan program tersebut. Penghargaan yang akan diberikan sengaja dirahasiakan,” kata Eka.

Bupati Eka Putra menempel stiker Hafizh/Hafizah di rumah masyarakat

Bahkan, tambah Eka, rumah berstiker akan diprioritaskan jika mendapat berbagai bantuan dari pemerintah. “Ke depan, rumah berlabel ini juga memiliki nilai tambah dan akan diprioritaskan akses bantuan pemerintah seperti bantuan PKH dan lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, H. Afrizon yang mewakili Tahfizh Tanah Datar dan juga Sekretaris Dinas Sosial Tanah Datar mengatakan, kegiatan pemasangan stiker program 1 Rumah 1 Hafizh/hafizah dilakukan serentak di Kabupaten Tanah Datar hari ini.

“Secara simbolis, pemasangan Stiker 1 Rumah 1 Hafizh/Hafizah dilakukan oleh Bupati Tanah Datar yang dipusatkan di Jorong Tabek Boto Nagari Baringin Lima Kaum, dan dari 24 rumah yang tercatat di jorong ini sebanyak 10 rumah yang terdata,” ujarnya.

Bupati bersama tokoh masyarakat Nagari Baringin

H. Afrizon menambahkan, ia bersama jajaran terutama penggiat rumah tahfiz akan terus mengembangkan dan mendidik generasi muda sehingga akan semakin banyak lahir generasi muda penghafal Al Qur’an di Tanah Datar.

“Penghafal Al Qur’an adalah manusia yang cerdas dan memiliki akhlak yang baik dan terpuji. Sehingga mereka akan jauh dari perbuatan negatif yang merusak moral, yang sendirinya akan menjadikan Tanah Datar semakin tangguh ke depan,” pungkasnya.

Turut hadir Camat Lima Kaum Hendra Setiawan, Wali Nagari Baringin Irman Idrus, Ketua FKRT Tanah Datar bersama jajaran dan beberapa tokoh masyarakat lainnya. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *