Pendidikan

Mom Nepo di Hadapan Siswa MAN 2 Kota Padang, Spirit Lebih Berharga Dari Uang Dan Kekuatan Apapun

Padang, PilarbangsaNews

“Spirit is the valuable asset, more than money more the other powers”. Semangat adalah aset yang paling berharga, lebih dari uang lebih dari kekuatan apapun. Oleh karena itu semangatlah dalam belajar dan motivasi belajar harus ditingkatkan demi meraih masa depan

Hal itu disampaikan Irmanepo wali kelas XII IPK 2 saat bertindak sebagai pembina upacara bendera dihadapan kepala madrasah, wakil kepala, guru dan pelaksana upacara kelas XII IPK 2 serta siswa MAN 2 Kota Padang, Senin 14 Maret 2022 di lapangan kampus MAN 2 Kota Padang.

Dalam paparannya, Mom Nepo –sapaan akrab Irmanepo mengatakan, siswa jauh-jauh hari harus mempersiapkan diri untuk ujian. “Jangan belajar dengan sistem SKS (sistem kebut semalam) sehingga menyebabkan akan mengantuk ketika ujian dan berakibat tidak semangat lagi untuk menghadapi ujian berikutnya,” katanya.

“Bentuklah kelompok-kelompok belajar. Ketika soal-soal tidak terselesaikan sendiri, maka ajak teman-teman untuk belajar kelompok,” ujar Mom Nepo, guru bahasa Inggris ini.

Ia menekankan, bahwa salah satu faktor dominan yang mempengaruhi cara belajar siswa adalah aspek lingkungan. “Ibarat kopi yang sama mereknya, ketika disajikan di warung maka akan dihargai 5 ribu pergelasnya. Namun ketika disajikan di restoran, maka harganya akan naik dua kali lipat. Bahkan kopi yang sama apabila disajikan di hotel, maka harganya akan menanjak drastis sampai 50 ribu pergelasnya,” kata Nepo menganalogikan tentang pengaruh lingkungan terhadap belajar siswa.

“Silahkan pelajari kisi kisi ujian, pelajari materi yang ada di kisi kisi karena kisi kisi mengandung materi esensial yang akan di uji ketika ujian madrasah, juga pelajari soal soal yang berkaitan dengan materi tersebut,” tambahnya.

Mom Nepo juga berharap kepada siswa agar menjaga kesehatan, konsumsi makanan yang bergizi dan halal dan bermunajat kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan dan kelancaran pada saat ujian nantinya.

“Baca zikir pagi dan lakukan ibadah malam, mudah mudahan ananda lulus semua dari madrasah ini dan diterima di perguruan tinggi negeri yang diinginkan,” pungkasnya. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *