.

Pemko Padang Siapkan Instruktur Pesantren Ramadhan 1443 H

Padang, PilarbangsaNews

Pemerintah Kota Padang melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Padang menggelar pelatihan Master of Trainer (MoT) kepada para instruktur Pesantren Ramadhan 1443 H Sebanyak 120 orang terdiri dari 2 angkatan yang tersebar di 11 kecamatan. Pelatihan MoT ini dilaksanakan selama dua hari di hotel Rangkayo Basa Jl. Hang Tuah Senin (14/03/2022).

Walikota Padang Hendri Septa saat membuka MoT tersebut mengatakan, Pemerintah Kota Padang rutin melaksanakan Pesantren Ramadhan setiap tahun. Selama Pesantren Ramadhan proses belajar mengajar bagi siswa SD dan SLTP pindah ke masjid dan mushalla untuk melaksanakan Pesantren Ramadhan.

“Pesantren Ramadhan diikuti ribuan murid SD dan SLTP, sehingga diperlukan instruktur atau mentor yang kompeten. Kita mempersiapkan mentornya, setelah dilatih nantinya para mentor inilah yang akan mentransfer berbagai ilmu agama kepada siswa di masjid dan mushalla,” jelas Wako.

Dikatakan Wako, keberhasilan pelaksanaan Pesantren Ramadhan tidak hanya dilihat selama 20 hari masa pelaksanaannya selama bulan Ramadhan, namun konsistensi para peserta untuk dapat mengamalkan berbagai ilmu agama yang mereka peroleh setelah Pesantren Ramadhan merupakan hal yang jauh lebih penting.

“Berbagai inovasi harus dilakukan untuk membuat peserta didik betah mengikuti Pesantren Ramadhan. Jangan pula sampai ketika Pesantren Ramadhan usai, anak-anak kita tak lagi meramaikan masjid. Hal ini menjadi kerisauan kita.

Wako menambahkan, Pemko Padang juga akan memberikan reward kepada masjid/mushalla penyelenggara Pesantren Ramadhan terbaik.

Sementara itu Kepala Bagian Kesra Setdako Padang Fuji Astomi melaporkan, pelaksanaan MoT tersebut bertujuan untuk memberikan pelatihan dan arahan teknis kepada para instruktur Pesantren Ramadhan 1443 H. Pelatihan berlangsung pada 14-15 Maret 2022 di tingkat Kota Padang dan nanti dilanjutkan dengan pelatihan di setiap kecamatan dengan tema “Pesantren Ramadhan Membentuk Generasi Muda yang Tangguh, Berbudaya dan Mencintai Masjid,” tuturnya. (Prokompim Pdg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *