Pendidikan

MAN 2 Kota Padang Gelar Ujian Madrasah Serentak Tahun 2022

Padang, PilarbangsaNews

MAN 2 Kota Padang menggelar Ujian Madrasah (UM) kelas XII tahun pelajaran 2021/2022 secara serentak, Senin (21/03/2022). Ujian dilakukan untuk mengukur kemampuan siswa terhadap capaian materi kelas X sampai kelas XII.

Ujian Madrasah yang dilaksanakan di Kampus MAN 2 Kota Padang jln. Gajah Mada No.100 Gunung Pangilun dimulai pukul 07.00-10.30 WIB dan akan berlangsung mulai 21-30 Maret 2022.

Kepala MAN 2 Kota Padang menyatakan bahwa ujian madrasah dilaksanakan untuk mengukur sejauh mana penguasaan dan pencapaian siswa terhadap materi pelajaran yang telah diajarkan selama 3 tahun di madrasah.

“Setelah berjibaku selama ini di madrasah dalam proses belajar, tiba saatnya siswa kita uji pengetahuan akademiknya,” kata Akhri Meinhardi.

Ditambahkannya, ujian madrasah dilaksanakan kali ini dengan memakai aplikasi Fly Exam. Menurutnya melalui aplikasi ini, kemungkinan siswa untuk melakukan kecurangan sangat kecil.

“Siswa untuk masuk menjawab soal diberikan token dan untuk keluar juga diberikan token. Apabila siswa keluar dari aplikasi, maka dia tidak akan bisa ujian berikutnya dan dianggap ujiannya telah selesai,” ulas Akhri Meinhardi.

Lebih lanjut Akhri Meinhardi mengatakan disamping nilai harian, penilaian tengah semester, nilai semester dan karakter siswa, ujian madrasah merupakan salah satu indikator untuk penentuan kelulusan siswa di MAN 2 Kota Padang.

“Diharapkan kepada siswa betul-betul mempersiapkan diri untuk ujian dengan serius, sehingga nanti akan memperoleh hasil yang terbaik bagi siswa yang bersangkutan,”sambungnya.

Sementara itu wakil kepala bidang akademik Yuliasman mengatakan bahwa ujian madrasah diikuti oleh seluruh kelas XII dari berbagai jurusan.

“Jumlah siswa yang mengikuti ujian madrasah sebanyak 411 siswa yang terdiri dari jurusan PK 76 siswa, IPA 212 siswa dan IPS 123 siswa. Dari kesemuanya itu seluruh siswa dapat mengikuti ujian,” kata Yuliasman.

Yuliasman menuturkan dalam mengikuti ujian madrasah, masing-masing siswa di wajibkan membawa hp android sebagai alat bagi siswa untuk dapat mengakses soal- soal yang sudah di sediakan pada aplikasi Fly Exam.

“Apabila ada siswa terkendala selama ujian berlangsung, maka siswa akan dibantu oleh tim IT madrasah dalam rangka mencarikan solusi terhadap persoalan yang dihadapi,” ujarnya.

Bersamaan dengan pelaksanaan ujian madrasah kata Yuliasman, juga di gelar ujian penilaian tengah semester ( PTS) tahun pelajaran 2021/2022 bagi siswa kelas X dan XI.

“PTS diikuti 967 orang siswa yang terdiri dari kelas X dan XI melalui aplikasi e-learning. Ujian dilaksanakan setelah UM, dimulai pukul 11.00 sampai 15.00 WIB, dengan 2 mata pelajaran yang diujikan setiap harinya,” tambahnya. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *