Dharmasraya

Nagari Sialang Gaung Bakal Bagikan BLT Dana Desa

Dharmasraya, Pilarbangsanews – Dana Desa (DD) merupakan salah satu pendapatan desa terbesar yang bersumber dari APBN dan disalurkan ke rekening kas desa untuk Sumatera Barat kas nagari. Melalui rekening kas daerah dan berguna untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.
Nagari Sialang Gaung Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat selasa (10/05) akan bagikan anggaran DD 40 persen untuk BLT kepada masyarakat.Wali Nagari Sialang Gaung Sahrial kepada media ini di ruangannya Senin (09/05/2022).bahwa dana desa yang diangarkan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) 40 persen dari total DD ke Nagari,akan segera dibagikan,karena anggaran Dana Desa telah masuk ke Rekening Nagari.
“Sementara arahan Bantuan Langsung Tuanai (BLT ) DD di Nagari Sialang Gaung kami prioritaskan masyarakat Tua jompo,sakit menahun,serta masyarakat miskin,supaya bisa membantu perekonomian mereka,dan meringankan beban kehidupannya,” katanya.
Dalam penggodokan calon penerima BLT Dana Desa data di masing-masing jorong dan dimasukkan ke RKP Nagari melalui musyawarah nagari. Kemudian menjadi APBNag, dengan demikian seluruh proses sudah dilakukan seperti data nama masyarakat penerima sudah ada jadi tinggal mengimformasikan kepada masyarakat.
“Di dalam perekrutan data bila di satu jorong tidak ada masyarakat yang dikategorikan Orang Tua Jompo,sakit menahun dan kurang mampu. Maka masyarakat di jorong tersebut tidak kami masukan kedalam calon penerima BLT,sebab kami tidak mau ambil resiko bagi yang tidak berhak menerima bantuan BLT,” jelasnya.
Sebab BLT DD dipercayakan kepada wali nagari dalam memilih masyarakat yang diprioritaskan untuk mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tersebut.(Rjl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *