Agama

Wakil Bupati Richi Aprian Letakan Batu Pertama, Masyarakat Nagari Bungo Tanjung Bangun Masjid

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Berawal dari ide warga nagari Bungo Tanjung kecamatan Batipuh yang berada di rantau, melihat kondisi masjid di kawasan tersebut tidak mampu menampung jemaah, mereka berencana membangun masjid baru. Hal ini disambut baik oleh masyarakat setempat dan berdasarkan kesepakatan bersama warga di rantau dan ranah.

“Dengan itikad baik dan dukungan dari semua pihak dan donatur, Alhamdulillah hari ini peletakan batu pertama pembangunan masjid bernama Masjid Baitur Makmur,” ujar H. Zulkifli perwakilan perantau dari Bali, Rabu (1/6/2022) saat sambutannya sebelum peletakan batu pertama.

Ke depan, kata Zulkilfi, menurut rencana, masjid akan dibangun selama setahun dengan dukungan fasilitas rumah garin,rumah singgah musafir, mini market yang bisa dimanfaatkan para pedagang UMKM kecamatan Batipuh, khususnya nagari Bungo Tanjung.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan khusus kepada para donatur baik materil maupun moril demi mensukseskan Pembangunan Masjid Baitur Makmur, semoga ini menjadi sarana ibadah bagi kita semua dan memberikan manfaat pada masyarakat sekitar,” ujar Zulkifli.

Hadir dalam acara tersebut Gubernur Sumbar Mahyeldi, Wakil Bupati Richi Aprian, Anggota DPRD Sumbar Bukhari Dt Tuo, Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Saidani, Kemenag Tanah Datar, Camat dan Forkopimca, Walinagari dan perantau.

Berkenaan dengan itu, Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian mengucapkan terima kasih kepada para perantau dan masyarakat Bungo Tanjung yang telah membantu pemerintah daerah setempat untuk menciptakan kabupaten madani, khususnya di bidang keagamaan dengan membangun masjid untuk ibadah dan kegiatan keagamaan.

“Terima kasih kepada warga rantau dan ranah atas kerjasama dan sinerginya dalam pembangunan masjid, dan selalu menjaga silaturahmi ini. Saya berharap apa yang dilakukan menjadi amal ibadah,” ujar Wabup.

Hal senada juga diungkapkan oleh Bukhari Dt Tuo Anggota DPRD Sumbar yang menyampaikan terima kasih kepada warga Bungo Tanjung atas kebaikannya, terbukti dengan antusias para donatur membangun masjid representatif yang tentunya akan membantu masyarakat. Perekonomian masyarakat sekitar, terutama karena terletak di pinggir jalan nasional.

Pada saat yang sama, Mahyeldi, Gubernur Provinsi Sumatera Barat, juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada masyarakat nagari Bungo Tanjung. Tindakan para perantau ini menjadi contoh bagi daerah lain.Meski berada di perantauan, mereka tetap merindukan kampung halaman.

“Terima kasih kepada para perantau yang dengan menanamkan nilai cinta nagari,apapun yang dimulai dengan niat dan kekompakan, Insya Allah terlaksana, apalagi berdampak pada perekonomian masyarakat sekitar,” kata Gubernur.

Sebelumnya Ketua Pelaksana pembangunan masjid Baitul Makmur E Labay Sati laporkan, masjid akan dibangun diatas lahan 5.400 meter dilengkapi rumah iman dan garin, rumah singgah musafir gratis, klinik, gazebo dan bangun untuk pedagang UMKM.

“Alhamdulillah tanah seluas 5.400 meter berasal dari 5 orang pewakaf sudah di bebaskan dan di timbun, sampai saat ini dana sudah terkumpul sebanyak Rp1,9 miliar dan semen sebanyak 1.315 sak semen, dan Insya Allah pembangunan akan selesai selama satu tahun dengan total menghabiskan anggaran sebesar Rp7 miliar,” pungkasnya. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *