Pendidikan

Kakankemenag Kota Padang Edy Oktafiandi Melepas Siswa MAN 2 Padang, Ini Pesannya

Padang, PilarbangsaNews

Kakankemenag Kota Padang H. Edy Oktafiandi menghadiri pelepasan siswa kelas XII MAN 2 Kota Padang tahun pelajaran 2021/2022 yang digelar di Gedung UPI Convention Center, Lubuk Begalung Padang, Kamis (16/06/22).

Dalam sambutannya, Edy Oktafiandi mengatakan bahwa hari ini adalah rangkaian terakhir proses pembelajaran yang dilalui siswa kelas XII. Menurutnya tiga tahun sudah dinamika pendidikan dilalui bersama guru, hingga mengantarkan siswa lulus.

Dikatakannya, lulusnya seorang siswa merupakan perjuangan yang sangat berat, hal itu disebabkan dua tahun lamanya tanpa interaksi tatap muka di madrasah dengan guru yang disebabkan Covid-19 melanda Kota Padang serta daerah lainnya di Indonesia.

Namun, kata Edy Oktafiandi, berkat kesungguhan dan keuletan yang diiringi rasa tanggung jawab dan amanah yang tinggi hingga siswa kelas XII dinyatakan lulus di MAN 2 Kota Padang.

“Lulus bukan karena diluluskan tapi lewat proses panjang yang dijalani sehingga bisa melanjutkan ke perguruan tinggi yang diinginkan,” ucapnya dihadapan ratusan siswa kelas XII.

Lebih lanjut ia menuturkan, bahwa pilihan belajar di madrasah adalah hal yang sangat tepat. Apa alasannya, karena madrasah adalah sekolah umum yang bercirikan Islam, ada pelajaran umum yang harus diikuti dan pelajaran agama yang terintegrasi.

“Lima mata pelajaran ciri khas madrasah yaitu akidah akhlak mempelajari nilai tauhid yang lurus dan benar, fiqih mempelajari ibadah, Alquran hadist menanamkan jalan lurus yang harus ditempuh, SKI mempelajari Sirah Nabawiyah tentang kemajuan Islam, bahasa Arab tentunya bahasa pengantar dalam memahami Al quran dan hadist,” ujar mantan Kankemenag Agam ini.

Bermodal itu, kata Edy Oktafiandi, setinggi apapun pendidikan yang ditempuh nantinya, kami sudah ikhlas dan siap melepas kemanapun dan dimanapun siswa berada.

“Amalkanlah ilmu yang diberikan guru, baik dalam bentuk kecerdasan intelektual, sosial, keterampilan dan spritual. Jaga nama baik madrasah dan kementrian agama, jadilah motor penggerak, mujadid dan mujahid dengan berbagai profesi,” pesan Edy Oktafiandi.

Ia berharap, semoga semua siswa sukses sesuai profesi, minat dan bakatnya masing-masing. Pesan dia, siswa jangan sampai terjerumus kepada perilaku yang tidak baik, seperti narkoba dan LGBT, karena perilaku ini banyak dilakoni generasi muda sekarang.

“Tak satupun yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi, majulah dan bulatkan tekad untuk mencapai cita cita yang paling tinggi,” sambungnya.

Kepada guru, Edy Oktafiandi berpesan agar dapat menjadikan tamatnya kelas XII sebagai bahan evaluasi, baik dari segi metode, strategi dan membenahi segala bentuk kekurangan selama pembelajaran.

“Berhasilnya suatu lembaga pendidikan, salah satu indikatornya adalah seberapa banyak alumni diterima di perguruan tinggi,” pungkasnya.

Hadir dalam pelepasan tersebut, Plt Kepala Yusmal Yani, Ketua Komite Syaifunir Husein, wakil kepala, Ka-TU Arisman, pembina OSIM Betti Revita, guru dan pegawai MAN 2 Kota Padang serta 411 siswa kelas XII. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *