Pendidikan

Cerita Salmaa Siswa MAN 2 Padang Raih 2 Juara Olimpiade SKI Tingkat Nasional dan Regional

Padang, PilarbangsaNews

Salmaa Intania Amanda kelas XI IPK 1 siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Padang meraih 2 juara Olimpiade Pelajar Islam (OPI) bidang Sejarah kebudayaan Islam kategori SMP/SMA/MA tahun 2022.

Dua piagam juara tersebut terdiri dari piagam harapan 1 tingkat nasional bidang SKI dan piagam penghargaan juara 1 bidang SKI tingkat regional Sumatera, Riau dan Bali.

Olimpiade ini diselenggarakan secara virtual oleh Sinau Cerdas Indonesia (Sicerdas) bersama dengan HIMPRO Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhadi Setiabudi Brebes, Jawa Tengah. Kegiatan berlangsung dari 14-22 Mei 2022 diikuti ribuan pelajar se-Indonesia.

Salmaa begitu sapaan akrab Salmaa Intani Amanda mengatakan, dirinya sempat pesimis jika memperoleh juara dalam ajang tersebut. Berkat usaha dan latihan, dengan mengingat materi yang dipelajari jadi modal Salmaa dalam pertarungan Olimpiade tersebut.

“Persaingannya ketat, karena ini ajang diikuti pelajar se-Indonesia Alhamdulillah Salma mendapatkan harapan 1 tingkat nasional dan juara 1 tingkat Sumatera, Riau, Bali,” kata Salmaa dihadapan kepala madrasah Akhri Meinhardi, wakil kepala akademik Yuliasman dan wali kelas Nurazizah Chalid, Sabtu, (20/06/22) di kampus MAN 2 Padang.

Dia mengatakan, ketertarikan mengikuti ivent ini, karena ia sangat menyukai pelajaran agama terutama mata pelajaran SKI. Diungkapkannya, bahwa ia sudah berkali-kali mengikuti lomba tapi hanya sampai final.

Namun, kata Salmaa, pada ajang Olimpiade Pelajar Islam ini, dia bersungguh-sungguh untuk mendapatkan juara dengan lebih banyak berlatih materi lewat buku-buku sejarah, baik tingkat Aliyah, Tsanawiyah maupun buku sejarah lainnya.

“Salmaa sangat senang sekali, akhirnya usaha Salmaa membuahkan hasil, tetapi sebenarnya Salmaa belum puas. Karena selisih nilai dengan juara 3 hanya 3 nilai, tetapi untuk regional Sumatera-Riau-Bali Alhamdulillah juara 1,”kata Salmaa.

“Terimakasih kepada bapak kepala madrasah, guru-guru agama dan wali kelas yang selalu mendukung Salmaa dalam mengikuti ajang tingkat nasional ini,” sambungnya.

Kepala MAN 2 Kota Padang Akhri Meinhardi mengaku bangga atas capaian siswanya. Ia meyakini kemampuan siswanya tidak hanya menguasai satu bidang saja, tetapi ada semua bidang, baik akademik, sosial maupun keagamaan.

“Salma ini menguasai bidang keagamaan, ini jarang terjadi merupakan lompatan yang luar biasa dibuktikan dengan prestasinya ditingkat nasional yakni mata pelajaran SKI, Mudah mudahan bisa ditiru oleh teman lain nya” ucapnya.

Dia terus memotivasi anak didiknya untuk melatih diri dan untuk mengikuti berbagai kompetisi. Demi menyiapkan itu, madrasah telah memfasilitasi mereka untuk bergabung melalui ektra kurikuler.

“Apapun bakat anak akan kita, akan disalurkan dan kita akomodir seluruh kegiatan dan prestasi anak kita, selamat kepada ananda salma, terus maju dan lebih berprestasi untuk kedepannya,” ujar Akhri Meinhardi.

Berbuah torehan prestasi yang diperoleh Salmaa Intani Amanda, kepala MAN 2 Kota Padang Akhri Meinhardi mengganjar dia penghargaan dengan memberikan bonus dari madrasah. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *