Pendidikan

Kisah Syalaisha Siswa MAN 2 Padang Peraih Dua Medali Olimpiade Kimia dan Kedokteran Tingkat Nasional

Padang, PilarbangsaNews

Kabar menggembirakan kembali didapatkan oleh MAN 2 Kota Padang. Pasalnya, salah seorang siswanya meraih prestasi dengan mengharumkan nama madrasah pada level nasional.

Dia adalah Syalaisha Amani Fathiha kelas XI IPA 1 yang berhasil meraih dua medali, yakni pada ajang olimpiade sains tingkat nasional bidang kimia dan bidang kedokteran Kompetisi Extra Akademik Insight Youth Education Festival.

Olimpiade Kimia dihelat oleh Pusat Kejuaraan Sains Nasional (Puskanas) bekerja sama dengan FKIP Universitas Islam Sumatera Utara 17 April 2022, Sementara olimpiade kedokteran diselenggarakan oleh Insight Olimpiade 9 Januari 2022. Kedua olimpiade tersebut berlangsung secara daring (online).

Dalam ajang tersebut, Syalaisha- sapaan Syalaisha Amani Fathiha berhasil meraih medali perak bidang kimia dan medali perunggu bidang kedokteran. Ia mampu bersaing dengan 5.210 peserta untuk olimpiade bidang kimia dan 7.850 peserta untuk olimpiade kedokteran nasional.

“Saya sangat senang dan bersyukur dengan hasil yang dicapai, walaupun ada beberapa orang yang sempat meragukan kemampuan diri syalaisha. Alhamdulillah mampu mempersembahkan yang terbaik untuk madrasah,” kata Syalaisha yang didampingi wakil kepala bidang akademik Yuliasman saat pertemuan di ruang kepala madrasah, Selasa (21/06/22).

Gadis yang hobi renang ini mengaku, sudah mulai mengikuti olimpiade sejak dari SD kelas 6 dan terus berlanjut pada tingkat Aliyah, baik utusan madrasah maupun pribadi. Semangat ikut olimpiade itu muncul untuk terus meningkatkan ilmu pengetahuannya.

“Saya mengikuti olimpiade ini di hari-hari libur, disamping memanfaatkan waktu luang juga memperbanyak pengalaman yang berharga yang akan menjadi cerita dimasa tua nanti,” ujar Syalaisha yang bercita-cita jadi polwan ini.

Dia menuturkan, setiap hasil olimpiade baik menang ataupun tidak, ia selalu menerima dan akan jadikan motivasi kedepannya. Dikatakannya, dia termasuk anak yang senang mencoba sesuatu yang baru.

“Saya sangat beruntung mempunyai orang tua, kepala madrasah, guru-guru dan teman-teman yang selalu memberikan support baik secara materi ataupun dalam dukungan kepercayaan,”

Sementara itu, kepala MAN 2 Kota Padang Akhri Meinhardi merasakan kebahagiaan luar biasa atas prestasi anak didiknya. Dia menuturkan, melalui prestasi siswa itu menunjukkan proses pembelajaran telah berhasil.

“Salah satu amanah yg dititipkan orang tua kepada kita saat mendaftarkan anaknya di madrasah, bagaimana anaknya berprestasi. Prestasi siswa adalah kebanggaan yang luar biasa yang tidak bisa dihitung dengan angka,”ujarnya.

Akhri Meinhardi berharap akan lebih banyak muncul prestasi siswa-siswa lainnya. Ia meyakini bahwa seluruh siswa di MAN 2 Padang mempunyai bakat dan potensi, tinggal bagaimana kita sebagai pendidik mengasah potensi yang dimiliki siswa tersebut.

“Selamat kepada Syalaisha, terus berjuang, prestasi yang diperoleh bukan hanya atas usaha sendiri, tetapi juga ada andil orang tua, guru-guru, pembina dan faktor lainnya, mudah-mudahan akan banyak bermunculan Syalaisha-Syalaisha lainnya,” ucapnya. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *