Tanah Datar

Bersilaturahmi dengan Pengurus Masjid Babussalam Pangian, Wakil Bupati Richi Nyatakan Dukungannya

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian mengatakan terkadang pembangunan fisik hanya berlangsung satu sampai dua tahun untuk merasakan manfaatnya, tetapi pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang baik akan terasa dalam jangka waktu yang lama.

“Oleh karena itu, pendidikan sebagai salah satu langkah untuk menciptakan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia menjadi salah satu fokus utama pemerintah daerah,” kata Richi, Senin (8/8/2022) di aula eksekutif kantor Bupati saat bersilaturahmi dengan pengurus Masjid Babussalam Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo yang turut didampingi Kabag Kesra Dadan Hendarsyah.

Tentunya pendidikan formal juga dibarengi dengan pendidikan agama untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, ujar Richi. “Pemerintah daerah telah melahirkan Program Satu Rumah Satu Hafiz/Hafizah untuk mendorong lahirnya generasi penghafal Alquran. Diharapkan akan lahir sumber daya manusia yang handal yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Wakil Bupati menambahkan, masjid yang representatif serta TPA dan TPSA yang baik tentunya mendukung tercapainya pengembangan SDM yang handal.

“Masjid merupakan pusat Dakwah dan pusat segala kegiatan keagamaan bagi umat Islam, sehingga memiliki masjid yang representatif akan dapat meningkatkan minat generasi untuk melakukan kegiatan keagamaan di masjid,” ujarnya.

Terkait rencana pembangunan lahan parkir di Masjid Babussalam, Wakil Bupati Richi sangat mendukung dan berharap bisa selesai sesuai rencana. “Kalau saya ingat betul, pak Bupati juga pernah mengadakan agenda subuh berjamaah di masjid ini beberapa waktu lalu, dan pengurus masjid pasti juga sudah melaporkan situasi dan kebutuhan masjid kepada pak Bupati. Tentu apa yang disampai pengurus masjid saat itu sudah menjadi catatan dan akan ditindaklanjuti, Insya Allah,” kata Richi.

Sebelumnya UE Dt. Perpatiah mewakili Pengurus Masjid Babussalam Jorong Patameh Nagari Pangian Lintau Buo, Perpatiah menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih kepada Wakil Bupati atas kesediaannya menerima dan menyambut baik kunjungan ia bersama rombongannya.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada Wakil Bupati atas kesediaannya menerima kunjungan kami disela-sela kesibukannya, semoga ini menjadi ibadah di sisi Allah SWT,” ujarnya.

UE Dt. Perpatiah mengatakan, Masjid Babussalam saat ini sangat membutuhkan bantuan untuk melengkapi lahan parkir masjid yang rencananya akan dibangun seluas 30 m x 40 m di atas telaga yang letaknya ada di samping masjid.

“Saat ini telah dibangun pondasi di atas telaga dan telah menghabiskan dana sekitar Rp500 juta. Sesuai Rencana Anggaran Biaya atau RAB, pembuatan lahan parkir ini membutuhkan dana sekitar Rp1,8 miliar,” sampainya.

Dikatakan dia lagi, pembangunan lahan parkir nantinya tidak hanya bermanfaat untuk jamaah masjid saja, namun juga untuk seluruh masyarakat khususnya di Nagari Pangian.

“Lokasi parkir nantinya juga dimanfaatkan ketika hari Balai Jum’at sehingga bisa mengurangi kemacetan. Lokasi itu juga nantinya bisa juga dimanfaatkan untuk aktivitas olahraga dan kegiatan kepemudaan lainnya. Karena dari berbagai manfaat itu, tentu kami berharap bantuan dari Pemerintah Daerah untuk menyelesaikan lahan itu,” tukas UE Dt. Perpatiah yang turut didampingi Pengurus Masjid, Ustad Ahmad Anshori dan Fajar dari Perwakilan Pemuda Pangian. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *