Tanah Datar

Didampingi Bupati Eka Putra Kunjungi Lokasi TMMD, Ketua Tim Wasev Sangat Puas

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev)Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-114 yang dilaksanakan di Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara Tanah Datar, Brigjen TNI Irham Waroihan menyatakan kepuasannya atas terselenggaranya kegiatan gabungan Tentara Manunggal dengan rakyat.

“Saya senang bisa datang ke Tanah Datar Sumatera Barat, sebagai Ketua Tim Wasev, jujur ​​saja Pak Bupati, Pak Danrem, Pak Dandim saya sangat puas karena banyak hal yang melebihi ekspektasi saya, Pak Dandim selaku Dansatgas TMMD ke-114 tahun 2022 ini adalah membuka badan jalan baru hingga 4,1 km dengan anggaran biaya hanya Rp1 miliar,” katanya.

Hal itu diungkapkannya saat meninjau langsung beberapa titik pembangunan fisik yang dilakukan anggota TNI Kodim 0307 Tanah Datar bersama masyarakat Kamis siang (11/8), seperti pembukaan jalan baru, pembangunan saluran irigasi, jalan usaha pertanian dan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Saya juga melihat pembangunan irigasi yang sangat bagus, pembangunan 3 (tiga) unit RLTH, yang tidak saya sangka dibangun seperti ini,” ujarnya.

Ketua Wasev Brigjen Irham Waroihan mengatakan tujuan utama TMMD ini adalah untuk membantu masyarakat yang kesulitan, yang juga merupakan bukti bahwa TNI membaur dan bergotong royong dengan masyarakat di kawasan Lintau Buo Utara sehingga menjadi mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di masa yang akan datang.

“Satu hal lagi saya juga mengucapkan terima kasih kepada Provinsi Sumatera Barat dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) telah membantu dan mendonasikan secara pribadi dari ASN DMPD Provinsi ini, sehingga terkumpul lebih dari 500 sak semen,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Eka Putra, SE, MM Bupati Tana Datar yang mendampingi kedua jenderal ini, sekaligus juga turun langsung ke lokasi Danrem 032 Wirabraja Sumbar,Brigjen TNI Purmanto mengucapkan terima kasih kepada TNI AD dan akan berada di sekitar 1(satu)bulan kedepannya membantu Pemerintah Daerah Tanah Datar membangun fasilitas yang dibutuhkan masyarakat.

“Ini merupakan apresiasi yang besar bagi TNI AD, dan semoga juga menjadi ajang amal bagi prajurit TNI untuk semakin solid dalam mempertahankan NKRI dan membangun wilayah di seluruh tanah air,” ujarnya.

Eka Putra mengatakan kegiatan TMMD ini sangat membantu masyarakat seperti membuka akses jalan menuju pertanian dan perkebunan, sehingga memudahkan rakyat untuk membawa hasil pertanian ke pasar.

Dari pembangunan saluran irigasi hingga lahan pertanian masyarakat, pembangunan RTLH mungkin tidak dapat dilakukan oleh semua pemerintah daerah, namun dengan adanya TMMD ini sangat membantu percepatan upaya pembangunan daerah.

Sebelumnya,Komandan Kodim (Dandim) 0307 Tanah Datar Letkol,Czi Sutrisno mengatakan dari kegiatan TMMD ini, berbagai target program telah mencapai kisaran 52 persen hingga 74 persen dari target.

Hingga kemarin, pembukaan jalan baru sepanjang 4.100 meter dan lebar 6 meter baru selesai 3.078 meter atau masih 74 persen, sedangkan irigasi dari 200 meter baru selesai 104 meter atau 52 persen,ujar Sutrisno.

“Kegiatan lain, ada beberapa kegiatan seperti penyuluhan telah selesai 100 persen dilaksanakan dan sisanya akan dilaksanakan sesuai jadwal sebelum 24 Agustus mendatang”, ucapnya.

Untuk pembangunan 3 (tiga) unit RTLH dikatakan Sutrisno dibangun dengan anggaran Rp15 juta per unit dan saat ini sudah hampir rampung pembangunannya.

Sutrisno menyebut, untuk biaya pembuatan jalan dan irigasi dari APBD Tanah Datar sebesar Rp1 Miliar dengan rincian untuk pembuatan jalan baru Rp850 juta dan irigasi Rp150 juta ditambah anggaran dari Mabes TNI sebesar Rp475.500.000,- serta juga bantuan dari OPD Provinsi Sumbar berupa semen dan bibit tanaman dan bibit ikan.

Pada saat tinjauan lapangan tersebut juga dilakukan penanaman pohon di lokasi TMMD tersebut. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *