Tanah Datar

Pandai Sikek Festival Resmi Dibuka Wabup Richi Aprian Dimeriahkan Parade 1.000 Songket

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Nagari Pandai Sikek, salah satu dari sembilan nagari di Kecamatan X Koto,Kabupaten Tanah Datar merupakan nagari yang memproduksi kain tenun, ukiran kayu dan sayuran berkualitas. Selain itu, nagari yang terletak di lereng Gunung Singalang ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan udara yang sejuk.

Melihat semua potensi tersebut, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar merealisasikan salah satu program unggulan (Progul), yaitu Satu Nagari Satu Event dengan tema Pandai Sike Festival sebagai wadah untuk mempromosikan semua potensi yang ada di nagari tersebut.

Pandai Sikek Festival akan diselenggarakan pada tanggal 27-28 Agustus 2022 juga akan menampilkan parade 1.000 songket, makan bajamba,fashion show,demo ukiran kayu,kuliner khas Pandai Sikek, pentas seni budaya anak nagari, dan banyak lagi.

“Tujuan diadakannya Pandai Sikek Festival adalah untuk melestarikan, memajukan budaya dan mempromosikan potensi daerah sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Wakil Bupati Richi Aprian SH, MH saat membuka acara itu,di lokasi pasarTempat Pasar Tradisional Pandai Sikek Sabtu (27/8/2022).

Wakil Bupati Richi menambahkan, kegiatan ke 6 dari 14 nagari yang melaksanakan Satu Nagari Satu Event di tahun 2022 ini mengaktifkan sanggar kesenian nagari, klub olahraga nagari, Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (UMKM) dan meningkatnya kunjungan wisatawan ke nagari Pandai Sikek.

“Pandai Sikek Festival ini sangat bermanfaat untuk melestarikan dan mempromosikan kearifan lokal anak nagari. Insha Allah pemerintah akan terus bersinergi untuk menyelenggarakan acara ini setiap tahun,” kata Wabup Richi.

Wabup Richi mengatakan kepada penyelenggara Satu Nagari Satu Event di 5 nagari yang telah melaksanakan, hasilnya sangat menggembirakan, dengan pengunjung sekitar 37.700 orang dan transaksi jual beli mencapai sekitar Rp.3,6 miliar.

“Semoga Pandai Sikek Festival ini bisa melampaui capaian Satu Nagari Satu Event sebelumnya. Semoga acaranya aman, lancar dan sukses,” harap Wabup Richi.

Sebelumnya Wali Nagari Pandai Sikek Harmen St Rajo Malano mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya Pandai Sikek Festival untuk lebih mengenalkan nagari Pandai Sikek kepada masyarakat.

“Nagari Pandai Sikek sudah dikenal masyarakat melalui gambar Penenun Pandai Sikek di pecahan mata uang Rp 5.000. Melalui Pandai Sikek Festival akan memperkenalkan tokoh sastrawan Indonesia yaitu Taufik Ismail ke masyarakat daerah, nasional maupun mancanegara,” kata Harmen.

Senada dengan hal itu, Tokoh Perantau Pandai Sikek Edriana Noerdin mengatakan perantau mengambil peran untuk ikut bekontribusi dalam mempromosikan produk daerah Pandai Sikek.

“Sebagaimana harapan kita bersama, Pandai Sikek Festival terselenggara disetiap tahunnya. Disini, kita ingin seluruh perantau mengambil andil untuk mengenalkan produk daerah ke kalayak banyak,” ujar Edriana.

Turut hadir Bupati Tanah Datar dua periode 2005-2015 M. Shadiq Pasadigoe, Forkopimda Tanah Datar, Anggota DPRD Tanah Datar Dedi Irawan, Camat X Koto Adiawarman, Organisasi Perantau, Kepala OPD, Ninik Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang, Pemuda Nagari Pandai Sikek dan tamu undangan lainnya.(Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *