Tanah Datar

Bupati Eka Putra Apresiasi Dua Inovasi Kecamatan Lintau Buo

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Bupati Tanah Datar Eka Putra melaunching 2 (Dua) inovasi Kecamatan Lintau Buo yakni Lintau Buo Sejahtera bersama Infaq dan Sedekah (Tabur Berkah) dan Gerakan Siswa Menabung Sampah (Kasi Bunga) di Aula SMKN 1 Lintau Buo, Selasa (11/10/2022).

Bupati Eka mengatakan lahirnya inovasi ini diharapkan dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat Lintau Buo pada khususnya. “Lahirnya inovasi ini tidak hanya seremonial belaka, tetapi terus dilakukan dan diimplementasikan di tengah-tengah masyarakat,” kata Bupati Eka.

Bupati Eka menambahkan, dua inovasi kecamatan itu merupakan bentuk keseriusan pemerintah daerah, pemerintah kecamatan, pemerintah nagari dan seluruh unsur untuk membangkitkan rasa saling bahu-membahu dalam mensejahterakan masyarakat.

“Kita sangat mengapresiasi dan mendukung inovasi ini dan berharap bisa berjalan dengan sukses. Langkah ini akan memotivasi semua unsur masyarakat untuk berinfaq serta bersedekah,” kata Bupati Eka.

Saat itu, Bupati Eka ingin mengharapkan masyarakat memaksimalkan Program Unggulan (Progul) pemerintah daerah yang tercantum dalam RPJMD tahun 2021-2026 yang telah dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat di Luhak Nan Tuo ini.

“Beberapa Progul telah dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat, antara lain program Bajak Gratis, Program Makan Rendang di Tanah Datar, Program Satu Rumah Satu Hafizh dan program lainnya. Mari kita dukung terus pelaksanaannya sehingga memberikan keberhasilan dalam penbangunan masyarakat,” ujar Bupati Eka.

Sementara itu, Camat Lintau Buo Afrizal mengatakan inovasi Tabur Berkah ini untuk membantu pemerintah daerah membatasi pergerakan rentenir sejalan dengan salah satu Progul yakni Makan Rendang di Tanah Datar.

“Jika separuh penduduk kecamatan Lintau Buo bersedekah minimal dua ribu rupiah saja per minggu, jumlah ini sudah bisa membantu masyarakat keluar dari masalah ekonomi, apalagi jika diakumulasikan setiap bulan. Banyak manfaat yang didapat salah satunya mempersempit gerak rentenir,” ucap Afrizal.

Seperti inovasi Kasi Bunga, Afrizal menjelaskan melihat sampah dimana-mana memunculkan ide untuk mengerahkan seluruh siswa di kecamatan Lintau Buo untuk menabung sampah di sekolahnya masing-masing.

“Kita berdayakan seluruh siswa di Lintau Buo,kita sinergikan dengan orang tua, siswa dan sekolah untuk menjalankan inovasi Kasi Bunga. Insha Allah, sebagian besar sekolah telah menyatakan kesiapan mereka untuk mengelola bank sampah sebagai strategi untuk mengurangi sampah yang berserakan,” kata Afrizal.

Tidak sampai disitu, Afrizal menambahkan dari inovasi Kasi Bunga ini, bermanfaat sebagai bentuk pembentukan karakter para siswa, baik disiplin, hidup bersih, menabung, mencintai lingkungan dan bekerja kelompok.

“Melalui inovasi Kasi Bunga, para siswa tidak hanya sebatas mendapat finansial saja, tapi lebih dari pada itu, ialah pembentukan karakter generasi muda, mudah-mudah inovasi ini berjalan sesuai dengan harapan,” pungkas Afrizal.

Turut hadir pada saat itu, anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Farksi Demokrat Jefri Masrul, Kepala Dinas Perkim LH Tanah Datar Novi Hendri, Forkopimca Lintau Buo, TP-PKK kecamatan Lintau Buo, Wali Nagari se Kecamatan Lintau Buo, Tokoh masyarakat, Ninik mamak dan tamu undangan lainnya.(Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *