Tanah Datar

Bupati Eka Putra Jadikan Tanjung Baru Sebagai Sentra Kambing Etawa

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM bersama Ketua TP PKK Ny. Lise Eka Putra didampingi oleh Abdul Hakim Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Yusrizal Kadis Kominfo, Hendri Agung Indrianto Kadis Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Plt. Kadis Pertanian Sri Mulyani dan beberapa pejabat daerah lainnya mengunjungi Peternakan Kambing Etawa Boncah Farm di Nagari Barulak, Kecamatan Tanjung Baru pada Selasa (25/10/2022).

Saat itu, Bupati Eka Putra mengatakan sektor peternakan di Kabupaten Tanah Datar akan terus ditingkatkan, termasuk ternak besar maupun unggas seperti sapi, kerbau, kambing, ayam,bebek, dan lainnya, dan itupun saat ini juga diasuransikan.untuk ternak kambing jenis etawa dan hasil olahannya seperti susu dinilai sangat menjanjikan dan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Peternakan jenis kambing etawa dapat dijadikan sebagai obyek wisata edukasi dan agrowisata untuk meningkatkan kunjungan ke Tanah Datar, maka dari itu kami bekerja keras menjadikan Kecamatan Tanjung Baru menjadi sentra kambing jenis etawa ini,” ujarnya.

Bupati meminta Organisasi Kelembagaan Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pendidikan, Dinas Perkim LH dan Dinas Koperindag untuk duduk bersama dalam rangka mempertimbangkan budidaya kambing etawa dapat digunakan sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat, serta wisata agro dan edukasi.

“Kita Pemerintah daerah sangat mementingkan untuk membantu pengembangan kambing etawa ini karena potensinya yang besar. Selain susu dan dagingnya, bahkan bisa dimanfaatkan untuk agro dan wisata edukasi,” kata Bupati Eka Putra.

Hal senada disampaikan Ketua TP PKK Tanah Datar yang juga Ketua Dekranasda Ny. Lise Eka Putra, jika di kecamatan Tanjung Baru, kambing etawa ini memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan.

“Kambing etawa memiliki potensi untuk dikembangkan banyak manfaat, seperti susu dan daging. Susu diolah menjadi berbagai minuman dan juga untuk bahan kosmetik, serta daging diolah menjadi berbagai produk makanan seperti sate kambing,” katanya.

Ny. Lise juga berharap nantinya daerah ini memiliki sentra kuliner berbahan kambing di Tanjung Baru, dikemas dengan baik dan menarik sehingga bisa menjadi daerah tujuan wisata kuliner di Tanah Datar.

Sementara itu M. Ihsan Djamil Jambek selaku Direktur Pemasaran Agro Wisata Bonca Farm, menyampaikan beternak kambing etawa cukup memilki peluang dan pangsa pasarnya juga tinggi. Satu liter susu kambing etawa dijual Rp10.000. Boncah farm telah memiliki pemasaran disejumlah daerah di Sumatera Barat, Riau bahkan ada yang di Pulau Jawa. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *