Tanah Datar

Bertemu Investor Asal Turki Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi, Bupati Eka Menanyakan Keseriusannya

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, antara lain pengenalan Program Unggulan (Progul), merangkul dan memaksimalkan perantau, serta membuka pintu bagi para investor untuk berinvestasi di Tanah Datar.

Beranjak dari itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra bertemu dan audiensi dengan PT. Hitay Balai Kaba Energy merupakan perusahaan Turkey, dihadiri oleh Director Remzi Caner Yilmaz didampingi Senior Earth Scientist Tri Martha Kusuma Putra di Grand Hyatt Hotel Jakarta, Selasa (1/11/2022).

Caner mengatakan, melalui terjemahan dan ekspos oleh Senior Earth Scientist Tri Martha Kusuma Putra, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan rombongan atas kesediaan Bupati untuk audiensi dan mendengarkan paparan dari PT. Hitay.

“Terima kasih kepada Pak Bupati yang telah hadir dan audiensi bersama kami PT Hitay yang mempunyai bidang usaha Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi,” ujarnya.

Diungkapkan Putra, PT. Hitay Balai Kaba Energy telah menyelesaikan Penugasan Survey Pendahuluan (PSP) sejak 2013-2014. “Pada tahun 2019, PT Hitay mendapat Penugasan Survey Pendahuluan dan Eksplorasi (PSPE), namun akibat pandemi terjadi penghentian dan 2022 telah dimulai kembali. Insya Allah akan dilaksanakan beberapa waktu ke depan di kawasan Gunung Tandikat Singgalang kecamatan X Koto dengan potensi panas bumi unit 1 sebesar 20 MW,” jelasnya.

Ia menambahkan, dalam PSPE akan dilakukan kegiatan eksplorasi, yaitu Survey Geosains detil, pengeboran eksplorasi dan pengeboran pengembangan. Kemudian juga kegiatan studi kelayakan yakni penilaian dampak lingkungan, studi kelayakan pembangkit listrik, uji buangan, penilaian reservoir dan studi serta uji lainnya.

“Kita melakukan Survei Topografi untuk merencanakan infrastruktur untuk mendukung eksplorasi dan melakukan evaluasi terhadap fasilitas yang ada seperti jalan, jembatan, pasokan air, dan sebagainya.Kami juga akan membangun konstruksi dan infrastruktur difokuskan untuk pembangunan jalan lebih kurang sekitar 4,5 km dan jembatan untuk memungkinkan akses pengeboran eksplorasi dan beberapa kegiatan lainnya,” kata Putra.

Bupati Eka Putra menyambut baik rencana PT. Hitay Balai Kaba Energy terletak di Kawasan Gunung Tandikat yang berada di Kawasan Tanah Datar.

“Kami menyambut baik rencana PT Hitay untuk mengolah energi panas bumi di Tanah Datar sebagai sumber energi listrik, namun tentunya membutuhkan kepatuhan terhadap regulasi dan aturan yang berlaku,” ujarnya.

Bupati Eka pun langsung mempertanyakan keseriusan PT. Hitay untuk beroperasi di Tanah Datar dan mempertanyakan dampaknya terhadap lingkungan sekitar.

“Apakah PT Hitay serius,dan Kalau memang serius, saya minta PT Hitay mengedukasi masyarakat tentang manfaat panas bumi dan dampaknya, seperti apakah kegiatan penambangan panas bumi akan mempengaruhi pasokan air permukaan di lahan pertanian masyarakat,” kata Eka.

Business Development Director Remzi Caner Yilmaz langsung menjawab pertanyaan tersebut, pihaknya sangat serius agar kegiatan eksplorasi tidak mengganggu pasokan air permukaan yang digunakan masyarakat.

“Insya Allah, minggu depan kami juga berharap pemerintah daerah dan bupati meluangkan waktu untuk mengedukasi masyarakat tentang manfaat panas bumi dan dampaknya terhadap pasokan air dan hal lainnya,” kata Caner yang diterjemahkan melalu Putra.

Dalam audiensi tersebut Bupati didampingi Asisten Ekobang Abdul Hakim, Kepala PMPTSP Naker Zarratul Khairi serta Kabid Penanaman Modal dan ESDM Dinas PMPTSP Naker Muharwan. (Putra).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *