Tanah Datar

Bupati Eka Putra Harap Satgas Jaga Stabilitas Pangan di Tanah Datar

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden RI pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dan Rakor Pemerintah Pusat dengan Kabupaten/Kota, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar membentuk Satuan Tugas (Satgas) Ketahanan Pangan.

Hal itu disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra, saat membuka Rapat Koordinasi Satgas Ketahanan Pangan Kabupaten Tanah Datar di Indojolito Batusangkar, Kamis (1/12/2022).

“Satgas ini bertujuan untuk memantau dan memastikan pasokan, distribusi, dan stabilitas pangan ke berbagai pasar di Tanah Datar,” kata Eka.

Eka mengatakan, satgas dan instansi terkait tentunya akan menjaga stabilitas harga pangan, karena ketidakstabilan harga pangan berdampak pada berbagai sektor di tengah masyarakat.

“Ketika stabilitas pangan tidak terjaga, berdampak terhadap ekonomi, politik, ataupun bidang pemerintahan, inilah peran Satuan Tugas Ketahanan Pangan, di mana dimungkinkan turun ke lapangan untuk memantau dan memastikan pasokan pangan tetap terjaga di tengah masyarakat,” kata Bupati.

Namun Bupati Eka menambahkan satgas tidak boleh bertugas sendiri, sehingga diharapkan satgas tetap berkonsolidasi dengan instansi terkait atau daerah lain untuk meningkatkan ketahanan pangan di Tanah Datar.

Sementara itu, Suhermen Kadis Pangan dan Perikanan yang juga menjabat Sekretaris Satgas Ketahanan Pangan mengatakan, Satgas yang terdiri dari 39 orang dari berbagai elemen ini diketuai Sekretaris Daerah.

“Selain arahan Presiden RI, pembentukan satgas ini merupakan tindak lanjut Surat Edaran Mendagri untuk membentuk Satgas Ketahanan Pangan guna membantu mengendalikan inflasi di daerah,” ujarnya.

Dikatakan Suhermen lagi, sampai saat ini ketersediaan bahan pangan ataupun bahan pokok di Tanah Datar cukup aman dan mencukupi.

“Menyambut hari keagamaan dan Tahun Baru, ketersediaan pangan di Tanah Datar relatif aman, jadi masyarakat tidak usah takut dan risau. Dan dalam beberapa waktu ke depan, Pemerintah Daerah bersama Satgas juga akan melaksanakan operasi pasar dan bazar pasar murah,” tukasnya.

Turut hadir Kadis Koperindag, Kadis Sosial dan PPA, Kadis Perhubungan, perwakilan Dandim 0307 Tanah Datar, Perwakilan Polres Tanah Datar, Bulog, Perusda, Kabag dan undangan lainnya. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *